Cara Membuat Chrome Tidak Berjalan di Background Process

Ram hog

Google Chrome adalah salah satu browser favorit pilihan penjelajah dunia maya. Sebenarnya ada banyak browser yang dapat digunakan untuk menjelajah dunia maya, seperti Firefox atau Opera.

Mengikuti perkembangan dan keinginan penggunanya, menuntut Google untuk terus mengupdate  konten dan fitur di google Chrome ini. Hal ini menyebabkan ukuran dan daya yang digunakan untuk menjalankan aplikasi web browser ini.

Banyak pengguna mengeluhkan browser Chrome versi dekstopnya memakan RAM yang cukup banyak, sebenarnya hal ini dapat dihindari apabila kita tidak membiarkan Chrome terus berjalan di background process secara terus menerus meskipun tidak kita pergunakan.

Berikut mimin bagikan cara untuk mendisable fitur "keep in background"  ini.

Langkah yang perlu dilakukan adalah agan harus mematikan fungsi notifikasi taskbar yang ada di windows, caranya cari icon kecil di ujung kanan taskbar desktop agan lalu hilangkan centang "Let Google Chrome run in background".

Stop chrome

Setelah itu, buka kembali chrome agan dan masuk ke opsi setting, untuk masuk ke opsi setting ini agan cukup klik icon garis tiga di sebelah kanan atas,  lalu pilih "setting".

Setting

Di dalam opsi setting ini ada banyak yang dalat agan lakukan, seperti mengatur default search engine, mengatur bookmark, history, plugin, dan lain sebagainya. Untuk kali ini kita fokus untuk menghilangkan fitur Chrome yang terus berjalan di backgroud. Untuk itu agan perlu memilih advance setting, letaknya ada di bagian paling bawah layar setting,  scroll sampai ke bawah maka agan akan menemukannya. 

Asv setting

Sekarang lihat di opsi system (tetap di advance setting)  jika tombol centang di bagian "continue background apps when Google Chrome is closed" berada dalam posisi tidak tercentang, maka agan sudah sukses menonaktifkan fitur ini, dan untuk mengaktifkannya kembali agan hanya perlu mencentang kembali fitur ini di advance setting tadi. 

Sumber : cnet.com


0 Response to "Cara Membuat Chrome Tidak Berjalan di Background Process"

Posting Komentar