Inilah Tips Agar Agan Tidak Mudah di-Hack

Hacking

Begitu mudahnya akses internet dengan berbagai koneksi dan berbagai alat, juga memberikan akses yang lebih lebar kepada hacker untuk menggunakan informasi personal secara negatif. Ditambah lagi menjamurnya media sosial, informasi pribadi kini sudah tidak lagi menjadi pribadi, parahnya jika ada pihak yang menggunakan informasi tersebut untuk kegiatan negatif, cybercrime.

Pernah melihat tayangan mr.robot? Di serial tersebut diceritakan bagaimana mudahnya informasi personal yang terjaring di media sosial untuk didapatkan. Meskipun film tersebut fiksi, tapi cukup menggambarkan apa yang terjadi di dunia maya dewasa ini.

Mr robot

Cybercrime sendiri kini sudah menjadi bisnis tersendiri, banyak pihak ingin mempelajari ilmu software dengan tujuan hacking untuk mendapatkan informasi yang ilegal. Kyle Lady, dilansir dari techinsider mengatakan bahwa ada proteksi dasar yang dapat dilakukan setiap individu untuk menghindar dari tindakan hack ini.

Buat password yang rumit
Password memang target utama hacker, oleh karenanya, buatlah password agan menjadi serumit mungkin "If I can find your password in a dictionary, so can an attacker," ujar Kyle. Password yang paling umum digunakan di USA sepanjang tahun 2015 adalah "football","123456", dan "password", password sesederhana ini akan mudah dibongkar oleh hacker, password dengan nama pribadi atau tanggal lahirpun kini tidak aman karena informasi tersebut tersebar di berbagai media sosial kita, intinya buatlah password yang tidak ada hubungan sama sekali dengan kita dan bukan kata sederhana (tidak ada di kamus). Perpaduan symbol, angka, huruf besar, adalah kombinasi paling baik untuk digunakan sebagai password.

Gunakan aplikasi password manager
Meskipun membutuhkan usaha tambahan, password manager merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengamankan password agan. Keuntungan utamanya adalah agan tidak perlu mengingat setiap password yang agan buat karena aplikasi sudah menyimpannya dengan baik, agan hanya perlu mengingat satu master password yang digunakan untuk membuka aplikasi password manager tersebut, techinsider memberikan beberapa review untuk aplikasi semacam ini, repot-tapi aman.

Autentifikasi dua tahap
Sebenarnya ini adalah solusi yang seharusnya ditawarkan oleh penyedia layanan web. Website, aplikasi, email yang menggunakan autentifikasi dua tahap cenderung lebih aman dari serangan hacker, contoh layanan yang menggunakan autentifikasi seperti ini adalah facebook, twitter, gmail, dll. Meski begitu, bukan berarti tidak ada yang bisa kita lakukan dari segi user, pemilihan layanan berdasarkan fitur ini juga harus menjadi pertimbangan, agar dikemudian hari kita tidak sekedar menyalahkan penyedia layanan tanpa ada proteksi dari user sendiri.

Verification
Berhati-hati dengan aktivitas maya yang mencurigakan
Baru-baru ini facebook, twitter terjangkit serangan phising dari para usernya sendiri. Serangan yang seolah-olah memberikan info dengan memberi link ke luar, iming-iming promo, padahal ketika kita mengklik link tersebut, data kita tersimpan oleh script yang disiapkan oleh para hacker. Facebook pernah ramai karena serangan phising ini (porn-attack) sebelum akhirnya facebook memperbaiki webview ketika kita mengklik tautan ke luar facebook.

Phising bukan satu-satunya cara untuk mengambil informasi elektrik dari agan, email spam, atau bahkan telepon langsung juga bisa menjadi senjata untuk menarik data dari pihak korban.

Phising

Pada akhirnya teknologi adalah buatan manusia, yang jauh dari nilai kesempurnaan. Celah yang ditinggalkan oleh penciptanya sering kali dimanfaatkan oleh orang dengan kepentingan yang negatif, celah tersebut tidak akan bisa hilang, tinggal bagaimana kita menanggulanginya.

Sumber : techinsider.io, wikipedia.com

0 Response to "Inilah Tips Agar Agan Tidak Mudah di-Hack"

Posting Komentar