Rizman A Nugraha Akan Menjadi Orang Indonesia Pertama Terbang ke Luar Angkasa

Dapat terbang ke luar angkasa, mungkin menjadi keinginan dan impian sebagian orang yang mempunyai jiwa petualang yang tinggi. Keinginan tersebut mungkin sebentar lagi akan segera terwujud pada orang yang bernama Rizman A Nugraha. Pria 26 tahun asal Bangka Belitung ini tak lama lagi menjadi orang pertama Indonesia yang akan terbang ke luar angkasa.

Rizman A Nugraha Akan Menjadi Orang Indonesia Pertama Terbang ke Luar Angkasa

Rizman adalah pemenang kompetisi AXE Apollo Space Academy yang digelar oleh Unilever pada tahun 2013 dengan hadiah kesempatan terbang dengan pesawat terbang yang dirancang khusus untuk menembus luar angkasa. Rizman menjadi satu-satunya orang Indonesia yang mendapat kesempatan tersebut bersama dengan 22 orang dari negara lain.

Awalnya Rizman iseng-iseng mengikuti sebuah tantangan misi ke luar angkasa di sebuah iklan, dan akhirnya terpilih menjadi satu satunya perwakilan Indonesia yang akan mengikuti misi ke luar angkasa. Bermodal niat dan tekad, Rizman ikut mencoba unjuk kemampuan untuk menjadi orang Indonesia pertama yang mampu ke luar angkasa.

Rizman menuturkan, "Awalnya karena ada sebuah perusahaan yang sedang mencari 3 orang finalis untuk space camp (misi ke luar angkasa). Saat itu ada 83 ribu orang yang mendaftar di seluruh Indonesia, kemudian disaring," seperti dikutip dari detikcom.

Untuk menyisihkan puluhan ribu pesaing pun rupanya memiliki banyak persyaratan. Berbagai tes akademis ditempuh hingga akhirnya Rizman berhasil masuk ke dalam 40 besar peserta Indonesia yang akan menjalani National Space Camp di Jakarta pada September 2013 lalu.

"Pada bulan September 2013 kita diseleksi di lagi dengan sejumlah tes, seperti tes baris-berbaris, lalu tes turun tali dari ketinggian 50 meter, waktu itu dilatih oleh Polisi Udara di Pondok Cabe, walk climbing, flight simulator, lalu tes kesehatan dan tes bahasa Inggris," jelas dia.

Semua ujian berhasil dilalui Rizman hingga akhirnya dirinya berhasil menjadi salah satu dari 3 finalis asal Indonesia yang akan bertarung dengan ratusan peserta dari 62 negara di Global Space Camp di Florida, Amerika Serikat pada Desember 2013 lalu.

"Dari situ terpilih 3 orang dan dikirim ke Florida pada Desember 2013 selama 5 hari untuk ikut Golbal Ppace Camp dan disana bergabung juga peserta dari 62 negara lain, dan total peserta kompetisi itu ada 107 peserta," kata Rizman.

Di Florida, tantangan yang dihadapi Rizman serta 2 finalis lain asal Indonesia pun tak mudah. Berbagai ujian mental dan ketahanan fisik khas astronot pun dijalani selama 5 hari, hingga akhirnya Rizman berhasil terpilih menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang akan terbang ke luar angkasa bersama 22 peserta lainnya yang berasal dari seluruh dunia.

"Rasanya tahu lolos seleksi final, shock sih awalnya, karena saya juga tidak terlalu menggebu-gebu. Tapi karena saya juga mengikuti tiap misi dengan sungguh-sungguh, tidak disangka-sangka saat pengumuman nama saya dipanggil. Jadi shock kaget dan ada rasa bangga juga," kata Rizman.

Ada rasa shock, dan rasa bangga di dalam diri Rizman ketika tahu dirinya akan menjadi astronot pertama dari Indonesia yang akan ke luar angkasa.

"Perasaan saya senang, bangga terus yang pasti bersyukur karena setidaknya mungkin ini rezeki nya. Kalau dibilang takut ya takut karena ini bisa dibilang percobaan seperti layaknya astronot zaman dulu dengan jiwa mereka yang pemberani. Setidaknya ketika nanti kembali ke bumi nanti bisa menjadi pahlawan," kata dia sambil tersenyum.

Selama rangkaian misi pelatihan di Florida yang dipimpin oleh astronot senior Buzz Aldrin,  Rizman telah berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA, menjalani latihan seperti layaknya seorang Astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center.

Rizman A Nugraha Akan Menjadi Orang Indonesia Pertama Terbang ke Luar Angkasa

Rizman  akan terbang ke luar angkasa bersama seorang pilot  dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang yaitu XCOR Lynx Mark II. Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan Rizman setinggi 103 km dari Planet Bumi menembus batas luar angkasa dengan durasi perjalanan 60 menit.

Rencananya, dia akan terbang bulan Desember akhir tahun ini, atau paling lambat bulan Januari 2016.

Sumber: Detik.com

0 Response to "Rizman A Nugraha Akan Menjadi Orang Indonesia Pertama Terbang ke Luar Angkasa"

Posting Komentar