Review Modem Mifi Smartfren 4G Andromax M2P



Setelah pesanan saya bermasalah di MatahariMall.com, akhirnya saya lanjutkan membeli modem Mifi Smartfren Andromax M2P di Tokopedia saja. Cuma butuh satu hari hingga modem ini berada dalam genggaman, jempol lah mengingat posisi seller berada di Jakarta sementara paket saya terima di Cimahi. Gudjob kalo kata Bahasa Sunda mah, he.. he..

Ada beberapa misi yang mau saya penuhi dengan pembelian modem 4G smartfren ini. Yang pertama, saya ingin membuktikan omongan orang bahwa Meizu M2 Note dapat digunakan memakai kartu USIM 4G Smartfren. Kedua, karena dapat info jaringan 4G milik Smartfren berjalan pada frekuensi 2300 saya jadi inget modem Bolt yang lama nganggur di rumah juga menggunakan frekuensi 2300 alias TDD-LTE, siapa tahu bisa dipakai menggunakan jaringan 4G Smartfren. Terakhir, pengen melakukan uji kecepatan jaringan 4G Smartfren terutama di rumah, siapa tahu bisa diandalkan buat menulis dan upload ke sana ke mari, he.. he..

Saat pertama melihat kemasannya, saya rasa orang yang tidak tahu pasti menyangka ini adalah dus handphone. Ya, kemasan modem Mifi Smartfren Andromax M2P terasa seperti kemasan handphone, handphone entry level tepatnya. Kelengkapannya pun demikian, terdapat kepala charger, kabel data, dan beberapa buku manual. Saat pertama dibuka, baterainya yang berkapasitas 1.500 mAh diletakkan pada sebuah kotak kecil terpisah dari unit modemnya.





Unitnya sendiri tampak keren dalam balutan warna hitam. Untung saya beli yang hitam, finishingnya matte bukan glossy, jadi kalau warna putih bisa dipastikan akan mudah kotor. Modem ini tidak menyediakan slot microSD ya, untuk Anda yang membutuhkan sharing file melalui microSD pada modem, dapat melirik tipe Andromax M2Y yang juga dibekali baterai berkapasitas lebih besar, 2.000 mAh.



Begitu dinyalakan, pertama kali kita harus melakukan registrasi kartu smartfren dan mengaktifkannya dengan menginputkan kode aktifasi yang tercetak pada dus kemasan Smartfren Andromax M2P ini. Proses aktifasi dilakukan di http://my.smartfren.com yang dapat diakses melalui jaringan Smartfren meskipun kartu kita belum aktif. Hanya saja link untuk proses konfirmasi terakhir dikirimkan melalui e-mail, aneh saja buat saya ketika ingin menggunakan layanan internet dari Smartfren maka saya harus sudah punya akses internet terlebih dahulu untuk membuka e-mail. Lha saya kan beli modem karena ingin bisa internetan, koq ini malah harus sudah punya akses ke internet lebih dulu, he.. he..


Pada bagian bawah, terdapat port micro USB dan port untuk external antenna


Segera setelah proses registrasi dan segala konfirmasinya selesai, saya pun segera dapat mengakses internet menggunakan jaringan wi-fi yang dipancarkan modem ini. Saat saya coba matikan dan nyalakan kembali, proses untuk modem ini bisa terkoneksi ke internet cukup cepat, bahkan yang tercepat dibandingkan semua modem yang pernah saya gunakan. Lampu indikator sinyal menyala hijau saat modem sudah terkoneksi ke jaringan. Namun lampu indikator ini tidak selamanya menyala, setelah beberapa saat lampu indikator sinyal dan juga lampu indikator baterai pun mati namun modem tetap bekerja seperti biasa. Anda dapat menekan tombol yang berada di tengah modem ini untuk kembali menyalakan lampu indikator, rupanya untuk mengemat baterai maka lampu indikator ini tidak selalu menyala.

Untuk menyalakan dan mematikan modem ini, caranya yaitu dengan menekan dan tahan agak lama satu-satunya tombol yang terdapat pada bagian muka modem ini, sangat sederhana.




Misi Pertama

Untuk menjalankan misi pertama, mau tidak mau USIM Smartfren 4G pun saya potong menjadi seukuran nano-sim. Ada bagian logam pada chip USIM ini yang ikut terpotong pada saat saya sesuaikan ukurannya, namun hal ini tidak menjadi masalah dan USIM Smartfren 4G sukses saya sematkan pada slot simcard Meizu M2 Note.

Untuk mendapatkan sinyal 4G Smartfren dan dapat melakukan koneksi data, cara-caranya adalah seperti berikut:

Setelah memasukkan USIM Smartfren 4G dan menyalakan Meizu M2 Note Anda, segera masuk ke Dual SIM and Network Settings. Arahkan penggunaan mobile data menggunakan SIM Card Smartfren. Lalu bukalah Dialer atau Telepon, dan masukkan kode berikut ini: *#*#3646633#*#* maka Anda akan dibawa masuk ke menu Engineer Mode. Cari pilihan Network Selecting, dan pilih LTE Only, lalu kembali ke Dual SIM and Network Settings. Pilih menu APNs, dan pilih nomor kartu Smartfren. Biasanya sudah ada APN yang otomatis muncul, jika belum juga dapat melakukan koneksi data, pilih RESET untuk APN pada kartu Smartfren ini, dan buatlah sendiri dengan parameter:

  • Name: Smartfren (yang ini sebetulnya bebas)
  • APN: Smartfren4G
  • Username: smartfren
  • Password: smartfren


Namun, ternyata Smartfren menjalankan layanan 4G-nya pada dua frekuensi yang berbeda, yaitu frekuensi 850 dan 2300. Di Cimahi rupanya masih menggunakan frekuensi 850 sehingga Meizu M2 Note tidak bisa terhubung dengan layanan 4G Smartfren. Ya untuk jaringan TDD-LTE, Meizu M2 Note sepertinya hanya mendukung frekuensi 2300 saja.

Tapi yes, misi pertama berhasil dipenuhi. Di Kota Bandung, Meizu M2 Note sukses mengakses layanan 4G Smartfren, bahkan sempat saya lakukan pengujian kecepatannya dengan hasil berikut ini:


Misi Kedua

Misi kedua sempat saya anggap gagal karena lagi-lagi di Cimahi frekuensi 4G Smartfren masih berada di 850, dan nampaknya modem Bolt ZTE MF90 yang saya miliki hanya mendukung frekuensi 2300 juga. Untunglah saat digunakan di Bandung Kota cukup lancar mengakses jaringan 4G milik Smartfren. Oya, modem Bolt ZTE MF90 saya dalam kondisi unlocked dengan versi firmmare B05 ya.


Misi Ketiga

Sejauh pemakaian saya, baik di Cimahi maupun di Kota Bandung, modem Mifi Smartfren Andromax M2P besutan Huawei ini selalu sukses menemani saya menikmati jaringan 4G Smartfren. Untuk di Kota Bandung sendiri, kecepatan download Smartfren 4G memang tidak setinggi kecepatan download menggunakan jaringan 4G sebuah operator GSM lain. Justru kecepatan upload Smartfren yang sangat baik berdasarkan hasil uji kecepatan menggunakan SpeedTest Ookla. Wah, kalo gitu cocok buat saya yang rajin menulis ini, buat upload foto sebagai pendukung naskah tulisan, atau juga upload video-video unboxing maupun video hasil Action Cam saya.

Secara default, kartu Smartfren yang disertakan pada pembelian modem ini sudah terdaftar pada paket Connex EVO sehingga setiap diisi pulsa maka akan langsung otomatis dikonversi menjadi kuota data. Hanya saja, saat ini hingga akhir bulan Oktober nanti Smartfren sedang mengadakan promo kuota double untuk pembelian paket My Smartplan, jadi saya pun ingin mematikan paket Connex EVO ini. Masalah baru pun muncul, proses penonaktifan paket ini ternyata membutuhkan SMS untuk konfirmasinya. Jadilah saya harus menghubungi Customer Service Smartfren untuk masalah ini, mengingat modem Mifi Smartfren Andromax M2P tidak dapat digunakan untuk SMS dan telpon.

Pada paket pembeliannya, modem Mifi Smartfren Andromax M2P sudah mendapatkan perdana dengan kuota 4,5 GB. Satu yang wajib Anda ketahui, kuota ini terbagi menjadi kuota normal sebesar 1,5 GB dan kuota kalong alias kuota malam sebesar 3GB (dapat digunakan pada pukul 01:00 - 07:00) dan hanya berlaku selama seminggu saja.

Jadi, buat Anda yang sudah kepingin merasakan kecepatan jaringan 4G tapi smartphone-nya belum mendukung, plus belum ada dana cukup buat upgrade smartphone Anda, bisa jadi modem Mifi Smartfren Andromax M2P ini menjadi solusi sementara atau alternatif bagi Anda. Selamat menjelajah dunia internet dengan kecepatan tinggi! :)

0 Response to "Review Modem Mifi Smartfren 4G Andromax M2P"

Posting Komentar