Spesifikasi ASUS Sabertooth X99

Apa yang Anda harapkan dari sebuah motherboard kelas ekstrem? Tentunya selain performa, ketangguhan motherboard itu sendiri merupakan hal yang banyak dicari para penggila hardware.

Saat ini, banyak vendor motherboard yang berlomba-lomba membuat produk dengan tingkat ketahanan esktrem dengan menambahkan berbagai inovasi struktural yang diklaim dapat membuat motherboard kian tangguh".

ASUS pun tak mau ketinggalan. Perusahaan asal Taiwan tersebut memiliki jajaran motherboard tangguh yang dinamakan The Ultimate Force (TUF) dan salah satunya adalah ASUS Sabertooth X99 yang akan kami ulas kali ini.





Seperti saudaranya yang lain, ASUS Sabertooth X99 juga hadir dengan balutan "armor" khusus yang menutupi hampir seluruh bodinya. Armor tersebut membuat tampilan ASUS Sabertooth X99 terlihat lebih tangguh.

Lalu, apa gunanya armor tersebut? ASUS memang tak sembarangan ketika mendesain armor yang menempel di ASUS Sabertooth X99. Selain membuat tampilannya lebih menarik, ia juga mampu membuat motherboard ini menjadi lebih kokoh.

Selain di bagian depan, armor tersebut juga terdapat di bagian belakang yang bahkan berbahan metal, sehingga motherboard mampu menopang berbagai objek berat, seperti kartu grafis atau pendingin prosesor berukuran besar.



Armor pada ASUS Sabertooth X99 juga dapat melindungi motherboard dari debu yang merupakan salah satu musuh utama para pengguna PC. Desainnya juga modular dan slot pada armor-nya dapat dibuka dengan mudah. Di dalamnya terdapat sebuah slot untuk kipas mini.

Kipas tersebut akan mendinginkan heatsink yang menempel di bagian VRM, sehingga pendinginan pun lebih optimal.

ASUS Sabertooth X99 memiliki banyak sekali port di bagian panel belakangnya mulai dari lima port audio 3,5 mm, sebuah port optical S/PDIF, dua buah port ethernet (LAN), dan banyak sekali port USB. Port USB tersebut terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu USB 3.0 yang berjumlah empat port, USB 2.0 yang berjumlah lima port, serta USB 3.1 yang berjumlah dua port.



Sementara untuk slot-nya, ASUS Sabertooth X99 hadir dengan tiga buah slot PCIe x16, sehingga memungkinkan penggunanya untuk menggunakan tiga kartu grafis sekaligus. Menemani slot tersebut adalah sebuah slot PCIe x1 dan sebuah slot PCIe x4 yang sering digunakan sebagai slot untuk soundcard dan media penyimpanan berkecepatan tinggi.

Selain itu, terdapat pula sebuah slot M.2, serta delapan buah slot RAM DDR4 yang dapat menampung RAM hingga 64GB. ASUS Sabertooth X99 juga dilengkapi dengan tombol reset untuk BIOS yang terletak di panel belakangnya.

ASUS Sabertooth X99 didukung dengan 8 port SATA berkecepatan 6Gb/s serta sebuah port SATA Express. Jika dirasa kurang kencang, Anda masih bisa menggunakan konfigurasi RAID pada motherboard yang telah didukung teknologi RAID 0, 1, 5, dan 10 ini.



Seperti namanya, motherboard ini menggunakan chipset X99. Artinya, ia telah mendukung prosesor kelas ekstrem dari Intel yang menggunakan socket LGA 2011-v3. Dalam pengujian kali ini, kami menggunakan prosesor Intel Core i7 5960X dengan RAM DDR4 Kingston HyperX Predator sebsar 32GB.

Kami memilih kartu grafis ASUS STRIX GTX 970 dan penyimpanan menggunakan SSD Silicon Power V80 sebesar 480GB. Dari berbagai pengujian, kami menyimpulkan bahwa motherboard ini merupakan salah satu yang terbaik di pasar.

Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengujian menggunakan PCMark, ia memperoleh skor 4.870 poin. Skor tersebut merupakan skor tertinggi dari lima motherboard X99 yang kami uji kali ini.



Selain itu, motherboard ini juga berhasil memperoleh skor tertinggi di berbagai pengujian lainnya, seperti cinebench dengan skor 1.528 poin, kompresi dan ekstrasi file yang juga berhasil diraihnya dengan waktu tercepat.

Sementara pada pengujian SuperPi, motherboard ini berada di posisi kedua tercepat dengan waktu pengujian 8 menit 15 detik.



Sama seperti motherboard ASUS lainnya, Sabertooth X99 juga dilengkapi dengan UEFI BIOS serta EZ Tuning Wizard untuk overclocking. Meskipun peningkatan clock speed tak terlalu tinggi (hanya sekitar 100MHz) melalui EZ Tuning Wizard, secara keseluruhan, BIOS pada motherboard ini tergolong lengkap dan mudah dimengerti.



Kesimpulan

ASUS Sabertooth X99 merupakan salah satu motherboard X99 terkencang dan paling tangguh di pasar. Tidak hanya tangguh secara performa, ia juga sangat tangguh dalam hal fisik.

Ketangguhannya didapat tak lain dari lapisan armor yang membalut hampir seluruh bodi motherboard ini, sehingga ia mampu menopang berbagai komponen kelas atas yang rata-rata lebih berat dari komponen standar. Jangan lupa, untuk membaca ulasan motherboard X99 yang lainnya dari kami berikutnya.


 
  ASUS Sabertooth X99
CPU Intel Socket LGA 2011-v3
Chipset Intel X99
RAM DDR4 up to 64 GB
Onboard Graphics N/A
Multi VGA NVIDIA SLI / AMD Cross Fire
Form-Factor ATX
Fitur Khusus TUF Engine Power Design, Ultimate COOL! Thermal Solution, Safe & Stable! Guardian Angel
Harga Rp5.300.000

0 Response to "Spesifikasi ASUS Sabertooth X99"

Posting Komentar