Ini Alasannya! Kenapa OS Android Selalu Diambil Dari Nama Camilan | KUMANDROID


Android pertama kali ditemukan oleh Andy Rubin seseorang yang lahir pada 22 Juni 1946 di New Bedford. Ia mendirikan perusahaan bernama Android Inc, kata android sendiri berasal dari nama perusahaan dari Palo Alto - California. 

Perusahaan ini didirikan pada 22 October 2003 bersama Rich Miner (Co-Founder Wildfire Communications Inc), Nick Sears (VP T-mobile) dan Chris White (Pimpinan desain dan Interfaace Development di WebTV)

Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux. Nama OS Android selalu diambil dari dari nama camilan dan selalu diurutkan mulai dari abjad C. Kenapa tidak mulai dari abjad A dan B, dan langsung C?


Huruf A dan B pernah digunakan dalam OS Android. A yaitu Astro Boy 1.0 dan B adalah Bender 1.1. Nama Astro Boy dan Bender dikomplain oleh peusahaan yang sebelumnya sudah menggunakan hak paten nama tersebut, maka Google tidak menggunakannya lagi.

Cupcake, Eclair, Froyo (Frozen Yogurt), Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sanwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow. Nama - nama tersebut merupakan nama Camilan dan juga dipakai nama OS dalam Android yang urut sesuai abjad.

Google belum pernah memberikan alasan kenapa ia menggunakan nama camilan sebagai nama OS Android, karena baginya ini merupakan rahasia tim dan untuk menutupi kebijakannya. Tentunya ini menjadi salah satu keunikan tersendiri dalam pemberian nama OS pada Android. 


Berikut nama OS Android beserta versinya :
  • Cupcake - Android 1.5
Cupcake adalah kue yang mempunyai cita rasa yang enak, tak hanya itu cupcake juga mempunyai hiasan - hiasan yang cantik. Pada 30 April 2009 Cupcake resmi dirilis oleh google. Cupcake merupakan penyempurnaan dari OS Android pendahulunya yang belum sempat resmi rilis. 

  • Donut - Android 1.6
Pada versi donut diberikan peningkatan fitur tambahan seperti kamera, camcorder dan galeri yang terintegrasi pada versi ini.

  • Eclair - Android 2.0
Eclair resmi diluncurkan pada bulan Desember tahun 2009 dan telah mengoptimalkan segi perangkat keras, Google Maps 3.1.2 serta dukungan HTML5.

  • Froyo - Android 2.2   
Froyo atau Frozen Yogurt adalah cemilan fermentasi susu dingin. OS ini dirilis pada 20 Mei 2010, pada rilisan ini Froyo menyediakan antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan dan kinerja aplikasi, V8 javascript, SD card dan Wifi.

  • GingerBread - Android 2.3
Gingerbread merupakan kue jahe. OS ini rilis pada 6 Desember 2010 smartphone pada OS ini dirancang untuk memaksimalkan aplikasi dan gaming.

  • HoneyComb - Android 3.0
Honeycomb adalah sereal madu. OS ini rancang kusus untuk tablet.

  • Ice Cream Sanwich - Android 4.0
Os ini dirancang dengan membawa keunggulan seperti peringatan penggunaan data, built-in editor foto, WiFi direct, widget resizable, kotak Android, pilihan mail ditingkatkan, meningkatkan multi-tasking, face unlock, improved text and voice input, soft buttons can replace hard buttons. 

  • Jelly Bean - Android 4.1
Pada Jelly Bean terdapat banyak fitur baru dalam Android ini diantaranya peningkatan input keyboard, fitur searh, dan Google Now.

  • Kitkat - Android 4.4
OS kitkat dirilis pada September 2013 setelah mendapatkan ijin dari Nestle yang merupakan pemilik merk sebuah coklat.

  • Lollipop - Android 5.0
Android Lollipop mempunyai 2 versi yakni versi 5.0 dan 5.1. OS ini diresmikan pada 25 Juni 2014. 

  • Marshmallow - Android 6.0
Marshmallow merupakan anroid penerus penyempurna lollipop yang mempunyai salah satu kelebihan modus "Doze" sebuah teknologi terbaru yang mampu memperkecil daya baterai.

Dari nama - nama tersebut sudah dapat dipastikan bahwa google akan menamai Android terbarunya berawalan dengan huruf N. Coba tebak menurut kumaners nama apa yang akan dipakai google untuk OS berawalan huruf N? Nah tunggu saja perkembangan android hanya di KUMANDROID

0 Response to "Ini Alasannya! Kenapa OS Android Selalu Diambil Dari Nama Camilan | KUMANDROID"

Posting Komentar