Jejak Youtube, Jawed hingga Youtube Red Original

youtube

Mei 2005, 11 tahun yang lalu adalah pertama kali youtube diperkenalkan kepada publik, selanjutnya di bulan November 2005, youtube meresmikan websitenya untuk dapat digunakan secara luas oleh semua penduduk dunia. Youtube kini menjadi rujukan utama ketika kita ingin melihat konten video di internet.

Adalah Jared Karim (salah satu youtube founder), orang pertama yang pernah mengupload video ke youtube pada masa Beta Launchnya di Mei 2005. Video biasa yang menunjukkan dirinya di sebuah kebun binatang itu adalah jejak pertama dari jutaan video yang sekarang tersebar di youtube.



Tidak sampai berumur dua tahun, youtube dipinang oleh perusahaan raksasa internet kala itu, google. Proses akuisisi ini menjadi salah satu akuisisi terbesar yang dilakukan oleh google. Di kala itu youtube masih mengalami penurunan - demi penurunan sehingga kesempatan ini diambil oleh google untuk mengambil alih manajemen.

Perkembangan dimulai dari sini
Peforma youtube mulai meningkat, penggunanyapun semakin banyak, dan kesempatan ini tidak disia-siakan oleh youtube, youtube mulai melirik iklan sebagai pemasukan utamanya dan secara fantastis youtube mampu menghasilkan US$ 5,6 miliar dari iklan saja.

Keputusan youtube untuk mengambil langkah komersil ini membuatnya dilirik oleh korporasi-korporasi dan menghasilkan beberapa kesepakatan kerja sama, diantaranya penayangan film (MGM & Lions Gate Entertainment) dan penayangan pertandingan olahraga cricket (Indian Primer League). Hal ini membuat nama youtube semakin tenar di masyarakat dunia maya.

Youtube sebagai mata pencaharian
Semakin banyaknya pengguna youtube memberikan peluang kepada penggunanya untuk ikut "merasakan" bekerja dengan youtube, pengguna kini bisa menghasilkan dollar dari video yang diuploadnya dari iklan yang disediakan oleh google. Banyak contoh user yang sukses dan menjadi selebriti youtube sekarang ini, yang menjadikan youtube sebagai pemasukan utamanya.

Tidak sampai disana, youtube kini digunakan sebagai lapangan promosi oleh pelaku bisnis startup, segala bentuk promosi menggunakan video yang sebelumnya menguras dana yang banyak, kini dapast dilakukan dengan hanya membuat akun youtube, secara gratis tentunya.

youtube

Youtube kini
Kini youtube digunakan sebagai sumber utama konten video di internet. segala bentuk promosi sampai video pribadi dapat kita selancari dengan mudahnya menggunakan berbagai macam alat. Ketidakterbatasan potensi yang dimiliki oleh youtube menjadikannya salah satu perusahaan raksasa internet dewasa ini.

Youtube kini meluncurkan fitur terbarunya, yakni Youtube Original Show (Youtube Red Original), dimana konten-konten video khusus diproduksi oleh youtube dan menjadi premium content karena untuk melihatnya, pengguna harus melakukan langganan bulanan sebesar US$ 10 atau sekitar 130.000 rupiah. Tayangan dalam youtube original ini diisi oleh para selebriti youtube yang sempat tenar karena video yang diuploadnya mendapatkan antusiasme dari masyarakat youtube.

sumber : youtube.com, venturebeat.com, wikipedia.com, nytimes.com, businessinsider.co.id, cnn.com, infokomputer.com


0 Response to "Jejak Youtube, Jawed hingga Youtube Red Original"

Posting Komentar