Polytron Menggunakan ROM Fira OS Buatan Indonesia

Fira os

PT. Fira Makmur Indonesia akhirnya sukses mengajukan OSnya untuk digunakan di android keluaran Polytron. ROM yang bernama OS Fira ini adalah salah satu ROM buatan Indonesia yang siap bersaing dengan ROM keluaran luar negeri seperti Cyanogenmod yang digunakan oleh android Oneplus.

Polytron sebelumnya mengeluarkan lima  ponsel menggunakan Fira OS ini, Note, Posh, Cleo, Note dan Power yang semua masih dalam varian produk Zap 6. Spesifikasi ROM Fira OS pertama yang diluncurkan adalah versi android 5.1 Lolipop, Dian Kurniadi selaku komisaris dan Co-founder dari OS Fira menjelaskan bahwa Fira OS diciptakan dengan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap smartphonenya.

Polytron

Akses saldo pulsa yang sangat mudah merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Fira OS buatan Indonesia ini. Hanya dengan scroll-down notifikasi seperti android kebanyakan, saldo pulsa sudah terpampang di bagian kanan atas jendela notifikasi. Sistem pembayaran pulsa, listrik, voucher game online dengan menggunakan FiraPay adalah fitur lain yang ditawarkan oleh Fira OS. Dian mengungkapkan bahwa fitur yang disediakan memang masih sedikit, namun fitur dasar seperti akses bluetooth dan wifi tetap tersedia, hal ini dikarenakan Fira OS masih dalam proses pengembangan user-interface.

Fira OS

ROM yang dikembangkan dengan dasar open-source ROM AOSP ini memang masih dalam tahap awal lepas landas, tidak menutup kemungkinan jika OS ini akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan fitur-fitur bagi masyarakat Indonesia. Sebenarnya banyak anak negeri yang sanggup memodifikasi bahkan membuat OS untuk platform android, hanya saja mereka belum terfasilitasi dengan baik. Semoga Fira OS ini menjadi awal keterlibatan serius Indonesia terhadap perkembangan teknologi android.

Sumber : id.techinasia.com

0 Response to "Polytron Menggunakan ROM Fira OS Buatan Indonesia"

Posting Komentar