Mengatasi Beberapa Masalah Update iOS 9.3

iOS 9.3

Update iOS ke versi terbaru 9.3 ternyata menimbulkan beberapa masalah bagi pengguna iPhone atau iPad. User melaporkan bahwa terdapat gangguan software setelah melakukan update pada iDevicenya, beberapa hanya masalah ringan seperti tidak menemukan update 9.3 tersebut, sampai ke masalah yang mengganggu seperti daya baterai yang berkurang dan iPhone tidak bisa mendownload aplikasi di appstore.

iOS 9.3 baru diluncurkan beberapa waktu yang lalu dan pengguna iDevice yang didukung OS ini mulai mendapatkan update satu-persatu, namun ternyata iOS 9.3 bisa dikatakan masih belum stabil karena dilaporkan masih terdapat beberapa bug dalam versi OS ini. Apple masih berusaha memberikan update terkait bug yang terdapat pada iOS 9.3, namun bagi agan yang sudah terlanjur mengupdate iOS ke versi 9.3 dan menemui beberapa masalah, silahkan disimak beberapa solusi untuk bug di iOS 9.3 berikut.
Baca juga : cara memesan iPhone SE dan iPad Pro mini 9,7 inchi secara preorder
Tidak ada notifikasi update ke iOS 9.3
Bagi pengguna iDevice dengan OS 9.x mungkin tidak ada masalah karena update iOS 9.3 mungkin sudah tersedia bagi agan dengan mengakses fitur system update yang berada di Setting-General-Software Update.

Namun apabila agan masih juga belum mendapatkan notifikasi update, agan bisa melakukan update secara manual melalui iTunes di PC atau Mac. Caranya pastikan terlebih dahulu iTunes yang terinstall merupakan iTunes paling update, setelah itu koneksikan iPhone atau iPad ke Mac atau PC dan buka aplikasi iTunes. Disana pilih device agan dan klik Summary lalu Check for Update. Notifikasi update untuk iOS 9.3 akan muncul dan agan bisa mengupdatenya melalui iTunes.

iOS 9.3

Tidak bisa menginstall iOS 9.3 melalui iTunes
Masalah ini sebenarnya terletak pada komputer atau Mac yang terinstall iTunes, cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mematikan antivirus sementara, lalu lakukan restart pada PC/Mac dan pada iPhone atau iPad agan, setelah kembali hidup koneksikan kembali iPhone atau iPad ke PC atau Mac dan lakukan update iOS 9.3 kembali melalui iTunes. Sebagai tambahan lebih baik jika agan pastikan tidak ada hardware lain yang terkoneksi melalui USB selain iPhone/iPad, mouse, dan keyboard.

iDevice macet saat melakukan update ke iOS 9.3
Jangan panik terlebih dahulu apabila iPhone atau iPad kalian hang saat melakukan update ke iOS 9.3, sebelum melakukan tindakan lebih jauh, coba lakukan restart pada iPhone atau iPad agan dengan cara menekan tombol power selama 10 detik sampai logo Apple keluar. Jika cara tersebut masih tidak bisa, charge iDevice agan selama 15 menit, lalu lakukan restart kembali dengan cara diatas, jika cara ini berhasil iPhone atau iPad akan melanjutkan proses update ke iOS 9.3.

Namun beberapa user melaporkan bahwa iDevicenya stuck dan ada peringatan untuk mengkoneksikan iDevice ke Mac atau PC yang terinstall iTunes, namun setelah dihubungkan ke Mac ata PC ternyata notifikasi tersebut masih muncul dan tidak ada proses apapun. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan restore via iTunes, untuk melakukan ini iDevice agan harus masuk ke sistem recovery, caranya dengan menghubungkan iPhone atau iPad ke Mac atau PC yang sudah terinstall iTunes, lalu lakukan restart dengan cara menekan tombol power selama 10 detik. Namun jangan lepaskan tombol power sampai ada logo iTunes muncul di iDevice, jika agan berhasil terhubung ke iTunes segera lakukan restore (cara ini akan menghilangkan data di iDevice agan), lalu iTunes secara otomatis akan mendownload iOS 9.3 untuk diinstal di iPhone atau iPad.

connect to iTunes

Tidak bisa mengaktifkan ponsel pada iPad
Beberapa user iPad seperti iPad 2 melaporkan bahwa mereka tidak bisa masuk ke dalam iPad mereka karena masalah autentikasi. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan restart sama seperti cara diatas, namun apabila cara tersebut masih tidak mempan matikan iPad lalu login ke iCloud website dengan menggunakan AppleID dan Password agan, dan click Find iPhone-All Device, disana pilih iPad yang mengalami gangguan dan pilih remove (jangan pilih Erase atau Mark as Lost). Jika cara ini berhasil iPad akan kembali dapat digunakan, jika berhasil masuk ke setting dan hidupkan fitur Find My Phone kembali.

Masalah diatas adalah beberapa dari masalah umum yang dialami user saat melakukan update iDevice ke iOS 9.3, jika ada masalah lain seperti daya baterai yang berkurang setelah melakukan update iOS 9.3 agan hanya bisa menunggu update terbaru dari tim Apple untuk mengatasi bug ini.
Baca juga : coba game terbaru iOS ini

Sumber : techradar.com, makemac.com

0 Response to "Mengatasi Beberapa Masalah Update iOS 9.3"

Posting Komentar