Dua Metode Mudah Unroot Semua Android

Halo semua pengunjung yang berbahagia, berjumpa lagi dengan artikel dari ulfandroid. Pada kesempatan ini admin akan membagikan artikel menarik kepada kalian, bagi kalian yang bingung bagaimana cara melakukan unroot pada ponsel android yang sebelumnya sudah pernah di root kini ada 2 langkah mudah agar root tersebut menjadi unroot. Namun, perlu diketahui bahwa hal ini bisa saja bekerja dan work pada android bisa juga tidak berhasil atau tidak work. Jadi, sebaiknya di coba terlebih dahulu agar bisa tahu hasilnya.

Root disini adalah akses dimana pengguna android tersebut bisa melakukan perubahan pada system tanpa terproteksi oleh keamanan si system. Banyak hal yang bisa kita lakukan jika melakukan root seperti bisa merubah tampilan menjadi lebih pro dan sangat berbeda dari orang lain. Oleh karena itu, banyak yang memilih me-root androidnya karena bisa merubah system dari android itu sendiri. Akan tetapi ada juga orang yang tidak ingin me-root karena sebab-sebab seperti garansi akan hilang atau takut nanti system bisa rusak (kalau tidak hati-hati merubah system android). Maka dari itu admin akan membuat tutorial dual langkah mudah untuk melakukan unroot di berbagai android.

Sebelum kita memulai melakukan unroot, sebaiknya terlebih dahulu kalian backup semua data penting agar lebih aman jika terjadi sesuatu (musibah siapa yang tidak menduga). Juga kondisi baterai dari ponsel kalian juga harus terisi minimal sekitar 50% agar lebih aman juga. Nah, apabila kedua hal ini sudah kalian lakukan berikut penjelasan bagaimana langkah mudah unroot ponsel android.

Metode 1: Dari aplikasi SuperSU

Setiap android yang sudah melakukan root pasti ada muncul aplikasi/sudah terinstall aplikasi yang bernama supersu bukan? pasti ada aplikasi ini atau sejenisnya (biasanya berbeda-beda tergantung dari jenis root yang dipakai). Akan tetapi, metode ini hanya berfungsi atau bekerja apabila root yang diakukan tanpa melalui CWM (clockworkmod recovery), karena apabila melalui CWM tentu sudah disisipkan file lainnya selain aplikasi superSU nya. Biasanya untuk keberhasilan metode ini yaitu yang menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti framaroot dan sejenisnya.

Nah, jika sudah mengerti berikut langkah dari metode 1 ini.
1. Apabila belum ada supersu di appdrawer, install via google playstore dan jika yang sudah ada bisa membuka aplikasinya.

2. Lihat bagian settings, disana akan ada opsi "full unroot".
Dua Metode Mudah Unroot Semua Android

3. Untuk konfirmasi kalian cukup tap continue dan setelah berhasil unroot superuser akan keluar secara otomatis.

4. Lakukan restart pada android, uninstall file superusernya dan kini android sudah dalam keadaan full unroot. Cek menggunakan root checker apakah sudah benar-benar ter-unroot.

5. Enjoy!

Metode 2: Menggunakan ES File Explorer

Apabila metode pertama tidak memberikan hasil yang maksimal/masih dalam keadaan te-root, coba menggunakan metode yang kedua ini yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi es file explorer. Disini kita menggunakan file explorer untuk menghapus file yang berhubungan dengan root tersebut. Oke, jika sudah paham berikut tutorialnnya.

1. Install es file explorer di android kalian apabila belum ada, jika sudah ada buka dan tap bagian menu.

2. Tap opsi "tools" dan pilih "root explorer" untuk menghidupkannya.
Dua Metode Mudah Unroot Semua Android

3. Superuser akan menanyakan akses root kepada es file explorer, pilih "allow".

4. Kembali ke tampilan file explorernya dan pilih "/" di ujung atas dari layar.
Dua Metode Mudah Unroot Semua Android

5. Pergi ke system => bin, temukan busybox dan file superuser kemudian hapus. Apabila kalian tidak menemukan keduanya bisa skip langkah ini.

6. Kembali ke system lalu buka folder xbin dan delete busybox dan file su disana.

7. Kembali lagi ke folder system dan buka folder app kemudian delete superuser.apk yang ada dalam folder.

8. Keluar dari aplikasi es file explorer dan reboot perangkat android.

9. Enjoy!

Inilah akhir dari pembahasan artikel dua langkah mudah untuk unroot perangkat android, semoga bisa bermanfaat artikel kali ini untuk kalian. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada kesempatan-kesempatan lainnya.

0 Response to "Dua Metode Mudah Unroot Semua Android"

Posting Komentar