Tips Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis Online

Media sosial sebagai marketing bisnis online

Menggunakan media sosial untuk bisnis online memang dapat meningkatkan brand awareness secara cukup signifikan. Beberapa bisnis online maupun offline kini sudah melirik media sosial sebagai alat marketing. Hal ini juga didukung dengan fitur media sosial yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis.

Selain digunakan sebagai alat marketing, media sosial juga dijadikan sebagai cyber office oleh para pelaku bisnis online dalam berhubungan dengan konsumennya, hal ini dapat meningkatkan efisiensi waktu maupun biaya karena proses customer service cukup dilakukan melalui layar gadget.

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua media sosial dapat dijadikan sebagai alat pendukung bisnis online, dalam beberapa media sosial fitur bisnis dipisahkan dari fitur sosial sehingga kita tidak bisa leluasa memanfaatkan aktivitas sosial yang ada di dalam media sosial tersebut, contohnya seperti FJB Kaskus. Ada beberapa media sosial yang dapat dijadikan alat utama dalam membentuk brand image sekaligus memasarkan produk bisnis online secara masif diantaranya :

Facebook
Media sosial dengan jumlah user sebanyak 1,5 milliar tentunya dapat menjadi rujukan utama dalam mengembangkan bisnis online melalui media sosial, facebook sendiri juga menyediakan fitur khusus untuk pelaku bisnis online, seperti page, facebook ads, group yang dapat dijadikan fitur untuk mengembangkan bisnis online.
Baca juga : Indonesia adalah pengguna facebook mobile terbanyak

Menggunakan facebook sebagai "alat tempur" dalam mengembangkan bisnis online dapat dijadikan sebagai langkah awal. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membentuk bisnis online yang kuat di media sosial facebook :

  • Buatlah official fanpage dari bisnis kita di facebook
  • Promosikan barang atau jasa melalui fanpage tersebut, dan share postingan tersebut melalui akun pribadi kita. Tujuan dari hal ini adalah memancing "share" dari teman facebook sehingga like fanpage akan terus naik.
  • Setelah mendapatkan cukup like, mulailah posting artikel yang mendukung dan memperkuat brand image kita. Sebagai contoh jika bisnis online kita adalah alat kecantikan, berikan tips-tips kecantikan, hal ini lebih menarik perhatian calon konsumen kita, daripada kita hanya terus menerus mengebom timeline liker dengan promo produk kita.
  • Jika dianggap brand image sudah terbentuk, mulailah mengiklankan produk melalui facebook ads, potensial share akan semakin banyak dan pembaca sekaligis calon konsumen akan semakin luas.
Media sosial sebagai marketing bisnis online

Instagram
Instagram merupakan media sosial yang juga dapat dijadikan sebagai alat pendukung bisnis online, bedanya di instagram kita hanya bisa memanfaatkan obyek dan video sebagai alat promosi. Instagram lebih cocok jika digunakan oleh bisnis online yang bergerak dibidang penyedia barang, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menggunakan instagram sebagai alat promosi bisnis online :
  • Buat akun dengan logo sebagai profile picture daripada menggunakan barang dagangan, hal ini dapat membantu dalam membentuk brand image produk kita.
  • Promosikan akun instagram kepada teman terlebih dahulu, karena teman lebih mudah memberikan follow daripada langsung mempromosikan akun kepada pengguna umum instagram.
  • Kumpulkan dulu follower sebelum mempromosikan kepada pengguna luas instagram, hal ini bisa dilakukan melalui promosi akun instagram kepada keluarga, teman, maupun rekan kerja. Jasa marketing follower instagram juga bisa digunakan dalam membentuk profil page instagram yang kuat.
  • Kekuatan instagram adalah di follower, karena instagram tidak mempunyai fitur regram secara default, maka targetkan promosi kepada akun yang sering melakukan mention kepada followernya.
  • Sisipkan postingan foto atau video yang menarik di sela-sela postingan produk kita, ini akan mengundang mention dan calon follower dapat terus bertambah.


Twitter
Menggunakan twitter sebagai alat promosi bisnis online dapat dikatakan gampang-gampang susah, pasalnya ada banyak batasan yang ditetapkan twitter dalam setiap postingannya, seperti batas 160 karakter. Ada satu tips yang dapat diterapkan ketika menggunakan twitter sebagai alat promosi kita, caranya ialah dengan menggunakan twitter sebagai media sosial sekunder.

Menjadikan twitter sebagai media sosial sekunder maksudnya ialah mengalirkan follower twitter ke akun media sosial lainnya yang dapat memberikan deskripsi produk dengan lebih jelas, misalkan di blog atau facebook kita. Ketimbang membuat deskripsi produk sebanyak 160 karakter, buat postingan artikel pendukung dan hubungkan artikel tersebut kepada akun media sosial lainnya, hal ini dapat menjadikan media sosial twitter lebih efektif.

Media sosial sebagai marketing bisnis online

KASKUS
Menjadikan kaskus sebagai media sosial pendukung bisnis online dapat menjadi ladang yang sangat potensial, namun perlu diperhatikan bahwa kaskus merupakan media sosial berbentuk forum, maka ada aturan-aturan dasar yang harus dibaca dan dipahami sebelum akhirnya menggunakan kaskus sebagai media promosi bisnis online kita.

Keunggulan kaskus lainnya adalah kita dapat sekaligus menjual jasa atau produk bisnis online kita di forum jual beli (FJB) kaskus, hal ini tentu sangat potensial karena pengguna kaskus yang jumlahnya jutaan. Pembeli online juga lebih percaya membeli melalui forum jual beli kaskus karena terdapat jasa rekber, sebagai seller kita tidak perlu takut karena jasa rekber kaskus termasuk salah satu jasa rekber profesional di dunia bisnis online.

Karena bersifat forum, maka kita tidak bisa semerta-merta membuat thread berisikan promosi produk kita, kita harus lebih kreatif dalam mempromosikan produk kita di forum kaskus, buat artikel yang berhubungan dengan produk kita, misalkan produk kita adalah produk aksesoris wanita, maka buat artikel tentang fashion dan sisipkan akun media sosial lainnya di artikel tersebut. Kita juga bisa memberikan link ke thread fjb yang sebelumnya kita buat, dengan satu catatan, jangan memberikan over link ke luar thread, karena over promote merupakan hal yang dilarang di forum tersebut. Lebih baik buat thread yang banyak.

Beberapa tips diatas merupakan hal yang bisa dilakukan saat kita sedang membangung bisnis online kita melalui media sosial. Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan media sosial sebagai media promosi bisnis online adalah pahami dulu aturan-aturan yang ada dan kreatiflah dalam membuat improvisasi promo.



0 Response to "Tips Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis Online"

Posting Komentar