Google Doodle Hari Ini Memunculkan Gambar Sigmund Freud, Siapakah Dia?

Dari Google Doodle, Anda akan tahu bahwa hari ini adalah hari ulang tahun Sigmund Freud yang ke-160. Lalu, siapa dia? Freud dikenal sebagai bapak psikoanalisis, yaitu metode penyembuhan penyakit jiwa dengan cara membuka dialog antara sang dokter dan pasien.

Freud terlahir di tahun 1856 di Kekaisaran Austria, yang kini dikenal sebagai Republik Ceko. Di tahun 1881, dia lulus dari University of Vienna, menjadikannya sebagai seorang dokter. Di tahun 1885, Freud mendapatkan seorang guru dalam bidang neuropathology.

Dia menjadi seorang profesor di tahun 1902. Sejak tahun 1886, Freud tinggal di Vienna. Di tahun 1938, dia melarikan diri ke Inggris untuk menghindari Nazi. Setahun kemudian, dia meninggal.

Freud bukanlah orang pertama yang menggunakan metode psikoterapi verbal. Namun, sistemnya merupakan metode yang paling banyak digunakan di awal abad 20. Metode Freud bahkan menjadi dasar munculnya berbagai varian psikoterapi di kemudian hari.

Meskipun varian teknik psikoterapi yang muncul menggunakan teori dan teknik yang berbeda, tapi pada dasarnya, teknik-teknik tersebut menggunakan metode yang digunakan oleh Freud yaitu mengubah pola pikir dan tingkah laku sang pasien dengan cara membiarkan sang pasien berbicara dengan sang dokter. Hingga sekarang, psikoanalisis masih menjadi bagian penting dari psikologi, psikiatri, dan psikoterapi.

Metode interpretasi yang digunakan oleh Freud adalah untuk melihat sesuatu lebih dalam dan tidak sekadar dari permukaannya saja. Karena itulah, Doodler Kevin Laughlin memutuskan untuk menggambarkan Doodle hari ini dengan permukaan laut, wajah Freud di bagian permukaan dan sebongkah es di bagian bawah permukaan.

Menurut penjelasan yang Google berikan, sebongkah es yang ada dalam ilustrasi hari ini merupakan lambang dari dalamnya alam bawah sadar manusia.

0 Response to "Google Doodle Hari Ini Memunculkan Gambar Sigmund Freud, Siapakah Dia?"

Posting Komentar