Hati-hati Dengan Malware Baru Di Android Anda!


Lagi-lagi, muncul sebuah malware baru yang menargetkan perangkat Android.

Malware yang disebut Viking Horde ini menginfeksi beberapa aplikasi di Google Play Store seperti Viking Jump, Parrot Copter, Memory Booster, Simple 2048 dan WiFi Plus. Hal ini disampaikan oleh para peneliti di Check Point pada hari Senin kemarin.

Ponsel dan tablet yang memiliki aplikasi yang terinfeksi Viking Horde akan menjadi bagian dari sebuah botnet, yaitu jaringan perangkat yang dapat dikendalikan oleh sang hacker untuk melakukan hal-hal tertentu tanpa sepengetahuan sang pemilik perangkat.

Viking Horde dapat digunakan untuk melakukan penipuan iklan, yang dapat membuat perangkat yang terinfeksi mengklik tautan iklan untuk mengumpulkan uang ke para hacker.

Menurut CNET, Check Point menyebutkan bahwa Viking Horde juga dapat digunakan untuk melakukan serangan Distributed Denial of Service, yang berfungsi untuk membuat situs tidak bisa diakses dengan cara mengirimkan data request dalam jumlah besar ke server situs itu.

Viking Horde dapat bekerja baik pada Android yang sudah di-root maupun yang tidak di-root. Root adalah sebuah cara untuk membuka sistem operasi sehingga pengguna dapat memasang aplikasi yang tidak disediakan oleh Google. Namun, perangkat yang telah di-root biasanya memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi malware.

Malware Viking Horde akan memanfaatkan perangkat yang sudah di-root dengan cara memasang software yang berfungsi untuk menjalankan kode tertentu dari jauh. Data pada perangkat yang terinfeksi Viking Horde juga terancam dicuri oleh para hacker. Kabar buruknya, Viking Horde memberikan hak akses pada level root pada para hacker, yang berarti ia akan sulit untuk diatasi.

Hingga saat ini, sebagian besar aplikasi yang terinfeksi Viking Horde masih ada di Google Play Store. Menurut Check Point, Viking Horde berhasil melewati pemindaian malware yang dilakukan oleh Google sebanyak setidaknya 5 kali. Check Point menyebutkan bahwa mereka telah menginformasikan akan adanya malware ini pada Google pada tanggal 5 Mei lalu.

Semua aplikasi yang terinfeksi Viking Horde memiliki rating yang relatif rendah. Check Point percaya, hal ini disebabkan perilaku aneh aplikasi-aplikasi tersebut, misalnya meminta izin untuk mendapatkan akses ke root.

0 Response to "Hati-hati Dengan Malware Baru Di Android Anda!"

Posting Komentar