Nampaknya Google Akan Melanjutkan Lagi Program Android One


Setelah lama tidak terdengar, Google tampaknya akan melanjutkan kembali program smartphone murah mereka, Android One.

Untuk smartphone Android One berikutnya, Google tidak akan memberikan batasan pada vendor ponsel lokal terkait spesifikasi yang akan dipasang. Sayangnya, kabar ini baru mengacu pada pasar India, yang berarti Google akan kembali menggandeng Micromax, Karbon dan Spice.

Hal ini diungkapkan oleh Director, Business Development Android & Chrome Partnerships Mike Hayes Google kepada Economic Times. "Android One telah menjadi bagian dari strategi hardware kami yang lebih jauh. Google saat ini sedang memperluas pandangan mereka terhadap bisnis hardware. Anda akan melihat apa yang akan kami lakukan pada perangkat low-end nantinya."

Selain itu, ia juga mengatakan, Google masih tertarik untuk bekerja sama dengan para produsen smartphone lokal yang sebelumnya telah ikut memproduksi ponsel Android One. Tidak terbatas pada kelas low-end, Google juga berencana untuk menggandeng mereka dalam produksi ponsel kelas high-end.

Di sisi lain, pabrikan lokal biasanya mengincar konsumen yang berada di kelas bawah, yang memiliki jumlah lebih banyak ketimbang konsumen kelas menengah.

Sementara pabrikan lokal akan menyiapkan spesifikasi hardware Android One, Google tentunya akan berperan sebagai penyedia software, dan dalam hal ini adalah Android versi standar. Layaknya gadget Nexus, ponsel Android One akan mendapat prioritas untuk update dan fitur terbaru yang dimiliki Android. Google juga mengatakan telah membuka pintu kepada para developer untuk bekerja sama.

Untuk keuntungannya, Google siap memberikan porsi 70 persen keuntungan kepada developer. Mereka optimistis developer bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari program ini, terutama setelah menjalin kerja sama dengan operator telekomunikasi dalam sistem pembayaran memakai pulsa.

0 Response to "Nampaknya Google Akan Melanjutkan Lagi Program Android One"

Posting Komentar