Duel Sistem Operasi Favorit, Persaingan Android dan iOS di Tahun 2016


Informasi seputar gadget seperti persaingan Android dan iOS yang diusung oleh Apple yang  semakin memanas tiap tahunnya, menjadi sangat penting diketahui oleh para netizen saat ini. Karena gadget dan perangkatnya telah menjadi kebutuhan primer di era serba teknologi seperti sekarang ini. Mengupdate informasi menjadi hal wajib jika tak ingin ketinggalan informasi terkini seputar gadget dan berbagai hal terkait tentangnya.

Salah satu isu terkini yang cukup diperbincangkan para netizen di akhir 2015 lalu mengenai fakta bahwa Android ternyata lebih unggul dibandingkan dengan operating system ”rival” nya yakni iOS.  Para pengguna smartphone di Amerika yang menggunakan operating  system Android sebanyak 52,6 persen, hampir 10 persen lebih unggul dibanding iOS yang digunakan sebanyak 42.7  persen dari total perangkat yang menjalankan operating system milik perusahaan  telepon pintar terkemuka dunia, Apple.

Kepopuleran system operasi Android memang telah mendunia karena didukung dan dikembangkan oleh para vendor besar industri smartphone seperti Samsung, Oppo, LG, Lenovo, termasuk vendor pasar smartphone dengan kategori low-end price. Pada akhir minggu Desember 2015, International Data Corporation atau IDC memaparkan data bahwa Android memiliki pangsa pasar operating system 82.8 persen di seluruh dunia. Sementara iOS hanya meraih pangsa pasar sebesar 13.9 persen.

Dari beberapa ulasan penelitian dunia, salah satunya seperti dipaparkan oleh Nielsen yang mengatakan bahwa sejak memasuki tahun 2013 pangsa pasar iOS mulai menurun sejalan dengan menurunnya pembelian iPhone. Penyebabnya adalah pada akhir tahun 2015, iPhone dengan  tipe iPhone 6 dan iPhone 6 plus telah beredar di Cina,  dan disambut baik oleh para penggemar perangkat teknologi canggih satu ini. Ini tentu menjadi pukulan telak bagi iPhone yang memiliki pangsa pasar cukup besar di China.

Nah menyambut tahun 2016 yang semakin kompetitif. Apakah iOS akan mampu menjadi pemenang sebagai operating system terlaris di 2016 ataukah impian itu akan dimiliki oleh Android yang digemari oleh masyarakat kelas menengah dunia?. Android patut di waspadai Apple karena selain harga ponselnya yang terjangkau, Android juga memiliki open source yang memudahkan siapa saja untuk mengembangkannya? Mari kita tunggu hasil dari persaingan Android dan iOS di sepanjang 2016 ini.

0 Response to " Duel Sistem Operasi Favorit, Persaingan Android dan iOS di Tahun 2016"

Posting Komentar