Teknik Membuat Foto Ganda Tanpa Edit Photoshop


Assalamualaikum wr wb. Selamat datang kembali di kandankjoang.com. Kali ini saya akan berbagi trik seputar bagaimana cara membuat foto ganda tanpa edit menggunakan photoshop. Langsung saja ke TKP. Foto di atas ini diciptakan tanpa editan menggunakan Photoshop atau software yang lainnya. Gimana caranya? Mari kita diskusikan bagaimana cara mendapatkan efek model ganda dengan hanya menggunakan sebuah kamera digital SLR dan sebuah flash.
Pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari tempat yang gelap. Cahaya yang akan dominan dalam pemotretan ini adalah dari flash, jadi kita harus menghindari cahaya yang lebih terang darinya.
Set kamera anda seperti berikut:
  • Mode BULB
  • ISO 100
  • Aperture: f8.0
  • Set flash ke manual. Dari pengalaman, flash Canon tipe 580EX pada kekuatan maksimal dari jarak sekitar 2 meter dari model akan memberi pencahayaan yang cukup untuk ISO 100 dan f8.0
( Lihat Juga Teknik Dasar Fotografi Bagi Pemula )
( Lihat Juga Teknik Pengambilan Gambar Siluet )

Flash nya bisa anda pegang sendiri, atau boleh dibantu oleh seorang asisten. Mungkin akan sedikit sulit untuk mendapatkan fokus dalam ruang yang gelap, jadi mungkin anda harus menggunakan manual focus. Setelah mencapai fokus pada sang model, tekanlah tombol shutter dan tahan. Dalam mode BULB ini, shutter kamera akan terus terbuka selama anda menekan tombol shutter, dan membiarkan sensor untuk merekam cahaya. Sekarang nyalakan flash sekali, dan terangi sang model. Kemudian arahkan sang model untuk pindah tempat, dan nyalakan flash sekali lagi. Pastikan jarak antara model dan flash tetap sama. Anda bisa lakukan ini berulang2 kali, tapi untuk foto ini modelnya berpindah sebanyak 3 kali. Setelah anda selesai, lepaskanlah tombol shutter.
Efek slow speed plus flash ini sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan. Jika anda telah menguasainya, anda pasti akan memahami cara kerja kamera digital SLR lebih dalam lagi, dan anda bisa terapkan dalam pemotretan anda berikutnya. Apakah anda siap bereksperimen dengan teknik foto ini?
Demikian cara membuat foto ganda atau kembar tanpa edit menggunakan photoshop, semoga bermanfaat.

Terimakasih sampai jumpa di trik-trik berikutnya

Wassalamualaikum wr wb

0 Response to "Teknik Membuat Foto Ganda Tanpa Edit Photoshop"

Posting Komentar