TP-LINK TD-W8970, Modem ADSL dengan Kecepatan 300Mbps

Tidak seperti di Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia, jaringan fiber optik masih sangat langka di daerah-daerah dan kota-kota kecil. Meskipun demikian, jaringan telepon yang sudah cukup merata telah memungkinkan setiap daerah untuk dapat menikmati koneksi internet kabel melalui jaringan telepon atau ADSL. Jaringan ADSL memang jauh lebih lambat dari fiber optik, namun lebih mudah dipasang ketimbang jaringan fiber optik.

Itulah mengapa para produsen modem banyak yang masih memproduksi modem ADSL di Indonesia karena pangsa pasarnya yang masih sangat luas. Sebagai salah satu pemain utama di pasar perangkat jaringan, TP-LINK juga memiliki serangkaian modem ADSL di jajaran produknya.

Salah satunya adalah TP-LINK TD-W8970, yaitu sebuah modem ADSL yang juga merangkap sebagai router WiFi dengan kecepatan transfer data hingga 300Mbps.




Jika dilihat fisiknya, TP-LINK TD-W8970 telah memiliki fitur yang tergolong sangat lengkap untuk sebuah modem ADSL. Ia tidak hanya memiliki tiga antena WiFi, namun juga dilengkapi dengan empat port Ethernet (LAN), serta dua buah USB. Dengan fitur-fitur tersebut, modem ADSL ini telah sangat mumpuni untuk menjadikan berbagai perangkat di rumah Anda saling terkoneksi, mulai dari PC, perangkat mobile, hingga konsol, media penyimpanan, dan printer.

Beberapa di antara Anda mungkin bertanya mengapa TP-LINK TD-W8970 dilengkapi dengan WiFi berkecepatan hingga 300Mbps. Penggunaan WiFi hingga 300Mbps memang tergolong sangat tinggi, apalagi mengingat kecepatan internet dari koneksi ADSL di Indonesia tidak sampai 100Mbps. Menggunakan WiFi berkecepatan tinggi ternyata akan memperlancar transfer data antar perangkat.



Bayangkan jika terdapat 10 perangkat yang terkoneksi dengan WiFi Anda, kesepuluh perangkat tersebut tentunya akan berebut bandwidth pada koneksi WiFi dan akan berpengaruh kepada koneksi perangkat Anda. Gangguan tidak hanya dirasakan pada koneksi internet yang akan melambat, namun juga koneksi antar perangkat.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, TP-LINK TD-W8970 dilengkapi dengan dua buah port USB. Fungsi dari keduanya pun beragam. Anda tidak hanya dapat mengubungkannya dengan printer atau media penyimpanan seperti hard disk eksternal, namun juga dengan modem USB 3G.

Dengan demikian, Anda memiliki dua opsi koneksi pada modem ini, yaitu melalui koneksi ADSL dan koneksi 3G. Tentu saja koneksi 3G tersebut dapat digunakan setiap perangkat yang terhubung dengan TP-LINK TD-W8970.



TP-LINK TD-W8970 juga memiliki firmware dengan pengaturan yang lengkap. Modem ini juga sangat cocok untuk digunakan di rumah karena memiliki fitur parental control yang memungkinkan Anda untuk memblokir situs-situs tertentu agar tidak bisa diakses anak-anak Anda.

Selain itu, terdapat juga fitur MAC filtering yang memungkinkan Anda untuk membatasi perangkat mana saja yang boleh terkoneksi ke modem ini. Pengoperasiannya juga sangat mudah karena ia memiliki wizard khusus untuk melakukan pengaturan otomatis.



Untuk keamanannya, TP-LINK TD-W8970 juga telah dilengkapi dengan teknologi enkripsi WPA-PSK/WPA2-PSK. Selain itu, modem ini juga telah diancang untuk tahan terhadap sambaran petir hingga 4.000V. Melihat fitur yang ditwarkannya, modem ini merupakan modem ADSL kelas atas yang cocok bagi Anda yang memiliki cukup banyak perangkat untuk dikoneksikan dan masih menggunakan jaringan ADSL untuk internetnya.

0 Response to "TP-LINK TD-W8970, Modem ADSL dengan Kecepatan 300Mbps"

Posting Komentar