Cara Cepat Mengatasi Kamera Gagal / Error di Smartphone Android

Cara Cepat Mengatasi Kamera Gagal / Error di Android - Apakah Anda juga salah satu pengguna Android yang mengalami masalah pada kamera ponsel Android ?? termasuk saya sendiri juga pernah mengalami hal semacam ini, tidak mengambil sikap panik saya langsung saja searching di mbah google, hehe. Masalah yang saya jumpai disini adalah ketika saya ingin menggunakan kamera depan di Android saya malah tampil layar hitam saja di HP saya, seperti juga masalah pada kamera Android yang sering terjadi yaitu ketika kita membuka aplikasi kamera, malah tampil notice atau pesan "Error" atau seperti ketika kita sedang asyik berfoto ria tiba-tiba muncul pesan Error "error messagehandler.handlemessage(-1)" atau juga keterangan lain yang menunjukan kamera tidak dapat digunakan karena suatu masalah.


Nah langsung saja pada pembahasan solusi mengatasi masalah kamera error pada Android, berikut kami akan memberikan beberapa topik pembahasan untuk mengatasi kamera error pada Android Anda, silahkan dicoba dan semoga berhasil.


Cara Cepat Mengatasi Kamera Gagal / Error di Android 

A. Software
1. Cara Pertama Memperbaiki Kamera Error dengan Me Restart Ponsel
Solusi pertama untuk menindak lanjuti kamera error adalah dengan melakukan restart pada ponsel Android, karena dengan merestart Android dapat merefreshing system pada Android. Jika ketika menyala kembali tetap seperti itu maka coba untuk melepas baterai lalu tunggu hingga 10-15 menit agar system keadaan dingin baru pasang kembali baterai dan nyalakan Android Anda.

2. Cara Alternatif Mengatasi Kamera Error dengan Aplikasi Pendukung
Apabila aplikasi kamera bawaan pada Android Anda ketika dibuka menampilkan pesan error, silahkan download aplikasi kamera pendukung dari pihak ketiga yang bisa Anda download secara gratis di Google Play Store.

3. Cara Mengatasi Kamera Error dengan Memindah / Menghapus Data di Folder DCIM
Adanya kamera error ini juga bisa diakibatkan oleh memori dari internal atau eksternal yang penuh atau mengalami masalah tertentu. Maka dari itu, silahkan Anda memindah foto-foto yang telah tersimpan di folder defaultnya ke memori yang lain, lalu coba untuk menghapus folder default penyimpanan tersebut. Kemudian coba lagi untuk memfoto menggunakan kamera Anda lagi.


4. Cara Mengatasi Kamera Rusak dengan Factory Reset
Jika Anda bingung bagaimana untuk memperbaiki kerusakan pada Android Anda, entah dari sisi software atau hardware nya maka solusi yang bisa diambil adalah dengan mencoba untuk mengembalikan settingan Android Anda kembali ke awal seperti baru keluar dari pabrik. Karena setiap HP juga berbeda caranya, maka silahkan cari di menu Setting - Security - Factory Reset. Namun sebelum melakukan hal ini kami sarankan Anda untuk membackup terlebih dahulu file Anda yang tersimpan pada memori telepon karena semua data di memori telepon akan terhapus. Jika masih bingung silahkan baca artikel Cara Mudah Reset Semua Jenis Android.

B. Hardware
5. Cara Terakhir Untuk Mengatasi Kamera Rusak
Jika dengan berbagai cara sudah dilakukan namun hasilnya tetap nihil, solusi terakhir adalah dengan membongkar ponsel Android Anda lalu menganalisa kerusakan dari hardwarenya. Anda dapat mencobanya sendiri untuk membongkar Android Anda menggunakan obeng. Kebanyakan kasus kamera error diakibatkan oleh HP tertindas barang atau jatuh, dll. Silahkan bersihkan lensa kamera Anda setelah Anda membongkar HP tersebut,  Atau juga bisa ditekan-tekan agar kembali ke settingan awal.

Jika Anda ragu untuk mencobanya sendiri Anda dapat membawanya ke tempat service yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Apalagi jika masih terdapat garansi lebih baik di bawa ke Servie Centernya saja.


Baca Juga :
Cara Mempercepat Internet di Android
Cara Mengatasi Layar Sentuh Pada Android yang Tidak Berfungsi


Mungkin itu yang bisa kami bagikan seputar Cara Cepat Mengatasi Kamera Gagal / Error di Android , silahkan dicoba dan semoga berhasil. ^_^. Intinya jika terjadi masalah pada perangkat Android Anda jangan langsung mengambil tindakan dibawa ke Tempat Service terlebih jika masalah tersebut umum terjadi, karena Anda dapat mencoba memperbaiki sendiri kerusakan tersebut dengan mencari-cari solusi di Google.com. Semoga artikel yang kami bagikan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membacanya. Terima Kasih ^_^.

0 Response to "Cara Cepat Mengatasi Kamera Gagal / Error di Smartphone Android "

Posting Komentar