Intel Compute Stick akan Tersedia untuk Versi Windows 10 dan Ubuntu


Intel Compute Stick akan Tersedia untuk Versi Windows 10 dan Ubuntu, komputer mini

Intel Compute Stick adalah komputer mini seukuran flashdisk yang dihubungkan ke port HDMI pada TV atau monitor komputer. Sekarang perangkat ini tersedia dengan Windows 10 pra-instal, jadi jika Anda membeli PC saku tersebut hari ini, tidak ada pekerjaan tambahan yang diperlukan untuk mendapatkan versi terbaru dari sistem operasi Microsoft tersebut.

Intel Compute Stick diluncurkan pada awal tahun 2015 dengan Windows 8.1 dan Ubuntu, dan Microsoft menawarkan upgrade gratis kepada siapa pun yang ingin meng-upgrade perangkat ke Windows 10 tanpa membayar satu sen pun.

Namun, jika telah tersedia dengan Windows 10 pra-instal, semuanya sekarang lebih mudah, terutama bagi pemula yang tidak ingin menghabiskan waktu untuk mencari tahu bagaimana cara meng-upgrade ke OS terbaru, meskipun proses ini cukup sesederhana.

Dikutip dari Liliputing mengabarkan bahwa Intel Compute Stik dengan Windows 10 sudah dijual di beberapa pengecer di Amerika Serikat, dengan harga saat ini mencapai $ 150. Pada saat yang sama, untuk versi Windows 8.1 tampaknya akan tersedia secara online dengan harga lebih rendah sebesar $ 110, yang berarti bahwa Anda dapat dengan mudah membeli versi Windows 8.1 dan meng-upgrade secara manual ke Windows 10 dengan menghemat beberapa dolar.

Jika Anda menginginkan harga yang lebih murah, Intel juga menawarkan versi berbasis Linux dengan bandrolan harga $ 89. Harga tersebut tidak termasuk mouse dan keyboard, Intel berharap pengguna untuk menggunakan kombinasi keyboard dan mouse Bluetooth.

Meskipun Intel Compute Stick kini hadir dengan Windows 10, spesifikasi hardware didalamnya sama persis seperti sebelumnya, jadi jangan berharap kinerja akan meningkat secara signifikan. Bahkan, kabarnya sejumlah pengguna mengklaim bahwa perangkat terasa lebih lambat setelah upgrade ke Windows 10, karena sebelumnya diketahui bahwa memang kinerja dari Intel Compute Stick ini tidak terlalu mengesankan.

Jadi jika Anda membeli versi Windows 10, Anda mendapatkan prosesor yang sama Intel Atom Z3735F Bay Trail quad-core, RAM 2GB, dan memori internal 32GB eMMC, dengan USB dan port HDMI untuk sejumlah peripheral.

Spesifikasi Intel Compute Stick:

Operating SystemWindows 8.1 32-bit/Windows 10 Home
Ubuntu (Linux) 14.04 LTS 64-bit
ProcessorFan-cooled Intel Atom Z3735F, 2MB Cache, 1.33 GHz
BIOSFCBYT10H.86A.0018.2015.0330.1117 
GraphicsIntel HD Graphics 
System MemorySingle Channel DDR3L-R-S memory @ 1.35V, 1333 MHz
· Windows model: 2GB
· Ubuntu model: 1GB
StorageBuilt-in Samsung MGB4GC eMMC storage
· Windows model - 32 GB Samsung
· Ubuntu model - 8 GB
SDXC v3.0 slot with UHS I-support
PeripheralsIntegrated 802.11bgn Wi-Fi
USB 2.0
Bluetooth 4.0
MicroSD card slot
NetworkingIntegrated Wi-Fi 802.11bgn
AudioIntel HD Audio via HDMI with multi-channel support
Power Requirements5V, 2A wall-mount AC-DC power adapter
Chassis Size103 mm x 37 mm x 12 mm

Kabar baiknya, versi upgrade dari Intel Compute stick sudah dalam peroses pengerjaan, dan rumor mengatakan bahwa hardware secara signifikan lebih baik dengan tanpa kenaikan harga lebih besar. Tidak ada info spesifik mengenai tanggal rilis, tapi sepertinya akan diluncurkan pada awal 2016.

0 Response to "Intel Compute Stick akan Tersedia untuk Versi Windows 10 dan Ubuntu"

Posting Komentar