Cara Membersihkan Cache Sampah Di Android

Cara Membersihkan Cache Sampah Di Android - Halo semuanya, berjumpa lagi dengan ulfandroid. Setelah sekian lama admin tidak update karena ada kesibukan yang banyak diluar sana, admin sempatkan untuk update kembali blog ini. Pada kesempatan ini admin akan memberikan semuan tutorial dan tips buat kalian pengguna smartphone android. Setiap manusia yang mempunyai sebuah perangkat terutama ponsel pasti pernah menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia, kadang kala kalau sudah bosan pasti meng-uninstall aplikasi tersebut. Perlu diketahui semua data yang terhapus pasti meninggalkan cache atau biasa yang disebut dengan sampah. Oleh karena itu harus dibersihkan agar tidak menumpuk.

Cara Membersihkan Cache Sampah Di Android

Bagi kalian yang masih belum tahu, cache atau sampah akan menumpuk pada lokasi penyimpanan data sementara. Apabila semua cache tersebut tidak dibersihkan lama-kelaman akan menumpuk dan akan membuat dampak signifikan kepada performa ponsel android kalian seperti terjadinya lambat. Oleh karena itu, perlunya pembersihan pada cache di smartphone kalian masing-masing. Ada 2 cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan cache/sampah pada smartphone. Berikut ini akan admin berikan tutorial dan tipsnya kepada kalian.

  • Cara membersihkan cache sampah android secara manual
Cara yang pertama ini dapat kalian lakukan secara manual tanpa harus install aplikasi pembantu, akan tetapi di tips selanjutnya kita akan membahas cara membersihkan cache dengan menggunakan bantuan aplikasi.

1. Masuk ke bagian settings => storage/penyimpanan.

Cara Membersihkan Cache Sampah Di Android Secara Manual

2. Akan muncul informasi mengenai semua data pada internal memori kalian termasuk cachenya.

Cara Membersihkan Cache Sampah Di Android Secara Manual

3. Tap menu cache tersebut, kemudian tampil pemberitahuan untuk melakukan penghapusan data cache tersebut.

Cara Membersihkan Cache Sampah Di Android Secara Manual

4. Tekan OK dan tunggu beberapa saat sampai proses hapus cache selesai.

5. Jika telah selesai selanjutnya yang dilakukan ialah melakukan restart pada smartphone.

Itulah cara manual yang dapat dilakukan, namun jika kalian ingin menggunakan aplikasi untuk menghapus cachenya bisa memilih beberapa aplikasi yang direkomendasikan admin.

  • Cara membersihkan cache sampah android dengan aplikasi
1. Aplikasi Clean Master
Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi clean master, aplikasi yang sudah banyak penggunanya ini mempunyai fungsi yang admin sebutkan diatas yaitu membersihkan semua cache yang ada pada ponsel. Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur yang baik dan mudah untuk digunakan, kalian hanya perlu membuka aplikasi clean master ini lalu melakukan scanning terhadap cache sampah di smartphone android. Setelah scanning selesai, kalian hanya tinggal tap opsi clean pada aplikasi dan otomatis aplikasi akan menghapus semua cache yang sudah ditemukan.

2. Aplikasi The Cleaner
Aplikasi ini berjalan dengan mengoptimizer memori yang bermanfaat untuk membebaskan memori sehingga Smartphone kalian bisa memperoleh performa yang lebih optimal. untuk cara bersihkan cache di Smartphone dengan menggunakan aplikasi ini caranya mudah, kalian open aplikasi the cleaner kemudian ceklis opsi aplikasi, games atau file yang lain yang akan kalian bersihkan. sesudah itu kalian tekan delete, sehingga cache memori di Smartphone kalian akan terhapus.

3. Aplikasi Cache Cleaner +
Cache Cleaner + juga yaitu aplikasi yang gampang digunakan untuk membersihkan cache memori android. Sesudah kalian membuka aplikasi cache cleaner + ini, dilayar akan terlihat seluruh aplikasi yang mempunyai cache memori dan tak mempunyai cache memori. Untuk cara membersihkannya, kalian cuma perlu tekan ikon recycle disamping kanan atas layar hp anda. Sesudah di tekan dengan otomatis cache memori kalian akan terhapus.

Baca artikel menarik lain ulfandroid : cara flash/install ulang zenfone 2 semua tipe

Nah, itulah kedua Cara Membersihkan Cache Sampah Di Android mulai dari manual hingga menggunakan bantuan aplikasi yang dapat kalian lakukan untuk membersihkan cache sampah yang ada pada smartphone android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna buat semuanya, terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Membersihkan Cache Sampah Di Android"

Posting Komentar