Cara Mengatur Default Aplikasi di Windows 10

Windows 10

Setelah melakukan promo habis-habisan untuk windows 10, Microsoft mulai mengembangkan fitur-fitur dan mulai memberikan update konten yang rutin untuk para penggunanya.

Sebelumnya, microsoft telah menghentikan supportnya untuk windows XP, dan lebih memfokuskan dalam mengembangkan windows 7,8, dan windows 10. Namun banyak pihak yang mengeluhkan kesulitan dalam menggunakan windows 10, karena tampilan yang berubah sehingga pengguna harus melakukan adaptasi kembali setelah upgrade dari windows 8 ke windows 10.

Memilih default aplikasi untuk membuka file-file tertentu di windows 7 atau 8 mungkin mudah digunakan, namun bagaimana dengan windows 10? Ternyata microsoft memberikan pengaturan yang lebih komplek untuk windows 10 dalam mengatur default aplikasinya. Disini mimin coba beberkan bagaimana mengatur default aplikasi di windows 10 :

1. Masuk ke settingan default app
Untuk melakukan ini agan harus membuka system-default app, contoh tampilannya seperti ini :

Default

2. Set default aplikasi untuk program dasar
Disini agan bisa mengatur aplikasi default untuk program-program dasar di windows 10 seperti kalender, musik, foto, video, dan dokumen.

3. Set default aplikasi berdasarkan jenis ekstensi file
Semisal agan butuh default aplikasi yang berbeda untuk membuka, semisal file jpeg dan png, agan dapat melakukannya di windows 10, caranya dengan memilih opsi "choose default app by file type".

4. Set default aplikasi berdasarkan kondisi tertentu.
Caranya dengan memilih opsi "choose default app by protocol". Pilih kondisj tertentu (semisal tombol email di website") dan klik default app yang berlaku sekarang, akan muncul pop up dengan memberikan pilihan aplikask yang terinstall di PC agan tentunya.

5. Memilih aplikasi dengan custom list sendiri
Agan juga bisa membuat pilihan ketika membuka semua jenis file, untuk melakukannya agan hanya perlu memilih opsi "Set defaults by app".  Agan akan diarahkan ke jendela control panel, disana pilihlah "Set default program", akan ada daftar aplikasi yang sudah terinstal di windows 10 agan, Pilih salah satu dan pilih "set this program as default", maka aplikask tersebut akan muncul setiap kali ada pop up pemilihan aplikasi untuk membuka file.

Sumber : cnet.com

0 Response to "Cara Mengatur Default Aplikasi di Windows 10"

Posting Komentar