Google : Selamat Tinggal Picasa!

Picasa

Google tidak akan memberikan dukungan update dan perbaikan kepada picasa setelah tanggal 16 Maret 2016 nanti, disampaikan oleh Anil Sabharwal, Head of Google Photos.

Picasa merupakan software yang dikembangkan oleh google sejak tahun 2002 yang dikhususkan untuk menjadi personal storage foto dan video. Selama perkembangannya picasa terkenal setelah aplikasi desktopnya banyak digunakan oleh para profesional (fotografer,desainer,web author).

Berpindah ke Google Photos
Google menyatakan bahwa dukungan untuk storage foto dan video tidak akan dihilangkan, melainkan dipindah ke Google Photos. Namun proses ini akan dilakukan secara perlahan, pengguna tidak akan kehilangan akses ke picasa web album, namun dukungan untuk upload foto baru tidak akan bisa lagi digunakan, pengguna hanya bisa mengedit, dan menghapus foto saja.

Google photos

Beberapa hal tidak bisa ikut berpindah ke google photos, metadata seperti komen di foto, atau hasil tag tidak akan ikut berpindah ketika konten di backup ke google photos, hal ini juga yang dikeluhkan oleh sebagian besar pengguna setia picasa.

Proses perpindahan ini tidak akan dilakukan sebelum tanggal pasti dukungan untuk picasa resmi diumumkan, beberapa kabar informal dilepaskan ke publik agar publik tidak merasa kaget ketika sekitar bulan mei nanti google benar-benar menarik picasa dari daftar produk google.

Sumber : cnet.com, googlephotos.blogspot.co.id

0 Response to "Google : Selamat Tinggal Picasa!"

Posting Komentar