Tips Mobile Marketing untuk Usaha Online : Potensi dan Tantangan

Smartphone

Sepuluh tahun laku memiliki sebuah smartphone mungkin menjadi hal yang langka, namun sekarang smartphone sudah seperti menjadi barang primer yang memenuhi kebutuhan dasar manusia, yakni komunikasi. Kemudahan demi kemudahan diberikan kepada masyarakat yang dibidik menjadi calon konsumen smartphone berikutnya, kini hampir di segala lini manusia menggunakan smartphone untuk mengambil dan memberi informasi. Perkembangan ini membawa kemajuan dan potensi.

Pelaku bisnis sigap menghadapi fenomena sosial ini, dan menggunakan teknologi internet sebagai pendekatan ke konsumen melalui smartphone mereka, disini mulai berkembang era mobile marketing.

Peluang mobile marketing
Tahun 2010 merupakan awal era mobile marketing dilakukan, secara statistik biaya marketing yang dikeluarkan melalui mobile advertising sekitar 2.1%, angka ini melonjak drastis di tahun 2013 menjadi 22.1% dan diprediksi akan menembus 59% di tahun 2017, itu berarti lebih dari setengah biaya marketing yang dikeluarkan oleh pelaku bisnis dihabiskan untuk beriklan secara mobile.
Hal ini sejalan dengan pengguna smartphone di Indonesia, pada tahun 2014, pengguna smartphone mencapai 44 juta pengguna, dan naik sekitar 25% di tahun 2015 menjadi sekitar 55 juta pengguna, dan ditaksir akan mencapai kurang lebih 75 juta pengguna di tahun 2017. Angka ini mewakili bahwa tren smartphone akan meningkat-dan terus meningkat.

5 Hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih mobile marketing
Memasarkan produk melalui alat mobile memang memiliki dampak yang cukup signifikan, selain simpel smartphone juga memberikan akses yang cukup mudah, bahkan calon konsumen hanya perlu satu sentuhan untuk membeli produk ketika melihat iklan kita. Kuncinya adalah memilih target konsumen kita, tidak sedikit pelaku mobile marketing yang malah gagal dan mendapat review yang jelek karena secara asal dan membabi buta memasarkan produk mereka ke semua kalangan, pahami produk dan pasarkan secara tepat.

Sosmed

Yang kedua adalah website, elemen ini penting dimiliki oleh pelaku bisnis, karena pelaku bisnis harus membuat satu portal dimana kegiatan jual beli, promosi, pembuatan katalog, dan servis kostumer bisa dilakukan. Pembuatan website sekarang cukup murah dan mudah bahkan ada beberapa web yang menyediakan jasa pembuatan toko online secara instan. Website yang digunakan juga harus responsif, artinya dapat tampil secara baik di versi mobilenya, menurut data dari forbes.com 85% kostumer menganggap bahwa web versi mobile harus lebih bagus ketimbang versi desktopnya. Usaha online tanpa website sama dengan perusahaan tanpa kantor.

Manfaatkan fitur pelanggan, selalu data pelanggan yang pernah berbelanja dengan cara meminta alamat emailnya, atau gunakan fitur pelanggan untuk mendapatkan data tersebut dari pelanggan, karena email adalah faktor penting di dalam mobile marketing, sekitar 48% email sekarang dibaca melalui smartphone, gunakan kesempatan ini untuk mengirimkan update promo kepada pelanggan setia.

Kuasai media sosial, promosi melalui media sosial dapat memberikan jumlah calon konsumen yang banyak, namun pilihlah media sosial yang cocok dengan produknya, semisal produk fashion di instagram, survey dari JakPat menunjukkan 56.2% pengguna instagram mem-follow akun bisnis online dan 67.5% adalah produk fashion. Dengan memilih sosial media yang tepat, basis konsumen dapat dibangun dengan baik. Mendaftarkan produk di pasar online seperti lazada, tokopedia, ebay, juga bisa menjadi alternatif yang bagus.

Trend instagram
emarketer - Trend instagram di Indonesia

Beriklan di internet, cara ini adalah tips yang paling efektif dalam menjangkau calon konsumen yang tidak bisa kita pasarkan secara langsung, facebook memberikan akses untuk ini, dengan facebook adsnya yang tergolong terjangkau, produk dapat dipasarkan kepada hampir satu milyar penggunanya, tentunya dengan target demografis yang tepat. Alogaritma iklan seperti milik google adsense atau facebook ads sudah terbangun dengan sangat baik, produk bisa dipasarkan berdasarkan wilayah, usia, jenis kelamin, pekerjaan, dll sehingga iklan yang kita pasang akan tepat sasaran.
Baca juga : messenger juga akan menjadi ladang iklan

Terakhir, sediakan sistem pembayaran secara mobile, situs fashion online Nodstrom mengakui penjualannya naik 15.3% setelah websitenya menyediakan sistem pembayaran secara langsung dari mobile. Pembayaran dari mobile adalah suatu kemudahan karena smartphone saat ini sudah terintegrasi dengan baik dengan sistem finansial, seperti iPay dan FiraPay.
Baca juga : Fira OS menyedikan fitur FiraPay

Mpay

Dengan melakukan hal diatas, potensi mobile marketing sukses akan semakin besar, dan pesan produkpun akan sampai kepada konsumen. Usaha online harus bersifat fleksibel, dimana ada potensi, disanalah muncul peluang.

Sumber : emarketer.com, forbes.com, businessinsider.com

0 Response to "Tips Mobile Marketing untuk Usaha Online : Potensi dan Tantangan"

Posting Komentar