Alasan Mengapa Apple Mengeluarkan iPhone SE dengan Layar 4"

Iphone 4 inchi

iPhone bisa dibilang adalah smartphone sekaligus "perhiasan", karena sebagian penggunanya fanatik karena brand image yang diusung apple. Layar 4 inchi apple (iPhone SE) sebenarnya sudah pernah dikeluarkan oleh apple sekitar dua tahun lalu, yakni iPhone 5C dan iPhone 5S. Setelah itu iPhone terus mengeluarkan iPhone dengan layar 5 inchi, tidak ada yang bisa memberikan jawaban pasti mengapa Apple kembali mengeluarkan smartphone dengan ukuran layar sebesar 4 inchi.

Namun kabar diluncurkannya iPhone 6c atau yang lebih dikenal dengan iPhone SE (Special Edition) pada tanggal 21 Maret 2016 ini sudah dapat dipastikan, pasalnya Apple sudah mengundang pers untuk datang di acara konferensi pers pada tanggal tersebut. Pilihan Apple untuk meluncurkan kembali varian layar 4 inchi ini mengundang berbagai pendapat dari para konsumennya.
Yang menjadi alasan pertama mengapa iPhone SE dibuat adalah untuk memberikan fasilitas spesial kepada pengguna setianya yang sulit-atau tidak mau mengikuti evolusi ukuran iPhone. Sampai saat ini diperkirakan ada 200 - 250 juta pengguna iPhone dengan layar 4 inchi, dan mereka tidak mau membeli iPhone varian terbaru dengan alasan sederhana, handphone dengan layar lebih besar dari 4 inchi akan sulit dibawa dan digunakan. Pengguna iPhone 4 inchi ini tentu tidak mendapat update terbaru seperti NFC chip yang ditemukan pada varian iPhone 6 keatas, jadi dengan dikeluarkannya iPhone SE, pengguna setia iPhone 4 inchi akan mendapatkan update fitur terbaru.

Iphone 4 inchi

Alasan kedua yakni untuk mendongkrak penjualan. Pengguna iPhone 4 inchi mencakup hingga 32,22% (dilansir dari mixpanel) dari total pengguna iPhone dan seperti dijelaskan sebelumnya, mereka enggan beranjak ke model iPhone terbaru karena layar yang terlalu lebar. Ini berarti Apple kehilangan konsumen potensialnya sebanyak sepertiga, tentu bukan angka yang bisa dianggap remeh. Penjualan iPhone juga mengalami penurunan tren, dilansir dari theguardian, penjualan iPhone di Q1 2016 hanya menanjak sebesar 1% dibandingkan dengan Q4 2015.

Beberapa rumor beredar menyebutkan bahwa untuk nama varian terbaru iPhone 4 inchi ini masih tidak pasti, apakah menggunakan nama iPhone 6C atau iPhone SE, untuk banderol harga, kemungkinan iPhone SE ini dapat dipinang disekitar angka $500 atau sekitar 6,5 juta rupiah.

Sumber : techinsider.io, techopinions.com, buzzfeed.com, theguardian.com, mixpanel.com

0 Response to "Alasan Mengapa Apple Mengeluarkan iPhone SE dengan Layar 4""

Posting Komentar