Android Mudah Terserang Virus, Bagaimana Menghindarinya

Virus

Banyak yang beranggapan bahwa android lebih sulit dijangkiti virus, anggapan itu salah besar. Virus di android dewasa ini malah termasuk virus yang paling cepat berkembang mengingat penggunanya yang juga semakin membengkak. Anggapan bahwa android yang menggunakan OS berbasis linux ini tidak semudah OS komputer ternama yakni windows, tidak lagi berlaku.

Pada tahun 2015 kemarin-dan masih berkembang hingga saat ini pengguna android diserang virus dengan nama ghost push. Virus ini masuk melalui aplikasi yang sedari awal sudah disisipi oleh script untuk menjangkiti android yang menginstallnya. Pengguna android kini harus ekstra hati-hati dalam memilih aplikasi untuk diinstal pasalnya jangankan aplikasi yang diunduh melalui website, aplikasi yang terdaftar di google play storepun kadang sudah terjangkiti virus.

Virus on touch

Diangkat dari laporan CM Security, virus ghost push langsung bekerja saat aplikasi sudah berhasil diinstal, lalu aplikasi ini akan menjalankan script yang sudah disiapkan sebelumnya. Beberapa user melaporkan bahwa virus ini bisa mengunduh aplikasi secara otomatis, mengirim dan mengambil data dari smartphone, menayangkan pop-up iklan, memperlambat kinerja android, bahkan sampai menguras kuota data. Pada akhir tahun 2015 virus ghost push sudah menginfeksi lebih dari 600.000 android setiap harinya.

Virus yang menyerang android malah cenderung lebih berbahaya semisal ghost push ini mampu mendapatkan akses root meskipun penggunanya tidak membuka akses root kepada androidnya, dan virus ini dikenal sangat "bandel" karena aplikasi yang terinstall sulit untuk dihapus bahkan dengan melakukan factory reset. Benteng yang paling baik adalah dari sisi penggunanya, hindari menginstall aplikasi dari luar google play store adalah langkah awal yang bisa dilakukan, karena kita tidak akan pernah tahu jika aplikasi yang kita install ternyata sudah disusupi virus yang merugikan kita.

Sumber : venturebeat.com, cmcm.com

0 Response to "Android Mudah Terserang Virus, Bagaimana Menghindarinya"

Posting Komentar