Mengetahui Tren Pasar dengan Google Trend

Google Trend

Banyak pebisnis, penulis, jurnalis yang mengandalkan mesin pencari google untuk mencari tren masyarakat saat ini. Banyak yang tidak mengetahui bahwasanya google sudah menyediakan alamat website yang bisa kita kunjungi untuk mengetahui tren yang sedang diminati oleh masyarakat saat ini, yakni google trend.

Google trend merupakan tool google yang menyediakan data tren pencarian mesin pencari google, semua input data yang dimasukkan oleh pengguna google diolah, dan disajikan dalam bentuk data tren, data ini akan sangat berguna bagi berbagai industri, dan data ini dapat diakses dengan gratis dan disajikan secara real time.

Data yang disajikan oleh google trend juga dapat dijadikan sebagai alat bantu analisis, meskipun data tren yang ada tidak sepenuhnya akurat karena tidak terumus secara khusus. Namun data tren ini cukup mewakili isu apa yang beredar di sekitar masyarakat, sebagai contoh beberapa waktu lalu ketika terjadi gerhana matahari di Indonesia, keyword gerhana matahari sempat menduduki angka 5 besar selama beberapa hari.

trend


Data yang disajikan oleh google trend dapat diklasifikasikan dari segi negara, waktu, dan kata kunci sehingga memudahkan kita untuk memilah data tren apa yang dibutuhkan. Selain itu google trend juga menyediakan fitur notifikasi untuk memberitahukan keyword yang sedang populer atau yang sedang naik daun melalui email.

Alat yang dikembangkan sejak tahun 2006 ini bahkan pernah dijadikan sebagai alat analisis pemilihan presiden di Amerika Serikat pada tahun 2008 dan 2010, meskipun pada akhirnya data yang terwakili tidak mencapai keakuratan 50% karena pada saat itu pengguna internet masih terbatas pada beberapa kalangan, namun kini penikmat layanan google semakin banyak, apakah tren di tempat agan sudah terwakili oleh google trend?

Sumber : googleblog.blogspot.com, wikipedia.com, techcrunch.com

0 Response to "Mengetahui Tren Pasar dengan Google Trend"

Posting Komentar