Cek Keamanan Password Melalui Alat ini, dan Cara Membuat Password yang Aman

membuat password yang aman

Bayangkan bahwa akun dunia maya merupakan rumah yang sedang ditempati, maka password merupakan kunci untuk memasuki rumah tersebut. Keamanan kunci (password) akan menentukan keamanan barang (data) yang ada di dalam rumah tersebut. Sialnya, banyak yang masih menganggap remeh password dengan membuatnya sesimpel mungkin dengan tujuan agar mudah diingat.

Beberapa kenalan admin texnologger bahkan banyak yang masih menggunakan satu password untuk semua akun di dunia maya, baik itu akun media sosial, akun kantor, sekolah, bahkan sampai pin bank. Hal ini merupakan salah satu bentuk keteledoran yang nantinya akan dimanfaatkan oleh "black hat" hacker untuk meretas akun dan memanfaatkannya untuk kegiatan yang negatif.
Baca juga : Tips agar tidak mudah dihack

Sudah banyak contoh kasus dimana pengguna kehilangan hak akses ke akunnya karena passwordnya telah di crack oleh para hacker profesional. Contoh kasus seperti hacking akun facebook, twitter, bahkan sampai akun messenger seperti BBM mungkin sudah tidak asing ditelinga pembaca, hal ini disebabkan oleh kelalaian pemilik akun sendiri.

Dilansir dari techinsider, password yang paling buruk dan (sayangnya) paling banyak digunakan adalah angka 123456 dan kata "password". Lebih jauh disana jelaskan bahwa password semacam itu hanya membutuhkan waktu .26 milisecond untuk diretas, jadi sudah dapat dipastikan jika pembaca menggunakan password semacam itu, lebih baik ganti password pembaca sekarang.
Baca juga : Android juga dapat dengan mudah terkena virus yang dapat mengambil data penggunanya

Kurt Muhl, salah satu karyawan di RedTeam Security memberikan tips untuk membuat password yang sangat rumit untuk dihack, namun masih cukup mudah untuk diingat. Menurutnya, password yang paling rumit untuk diretas adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat dari kalimat utuh yang sering kita ucapkan. Kurt memberikan contoh sebuah kalimat "I bought my house for $1" yang disusun menjadi Ibmhf$1. Password semacam itu akan memberikan kita kombinasi Uppercase, lowercase, symbol dan angka secara otomatis, dan akan sangat sulit untuk diretas.

alat cek keamanan password

Jika pembaca masih ragu apakah password yang sudah dibuat selama ini aman atau tidak, sebuah website membuat sebuah alat yang akan mengestimasikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meretas sebuah password. Estimasi ini didasarkan pada alat dan metode yang digunakan oleh para hacker ditambahkan dengan tren kecepatan hacking pada setiap tahunnya, meskipun waktu yang diberikan adalah estimasi, namun angka tersebut sudah dapat mewakili tingkat kerumitan dari password yang sudah dibuat. Alat tersebut dapat digunakan secara gratis di website ini.

Sumber : techinsider.io, betterbuys.com

0 Response to "Cek Keamanan Password Melalui Alat ini, dan Cara Membuat Password yang Aman"

Posting Komentar