iPhone Kehabisan Storage? Cek Dulu Tips Berikut

tips melegakan storage iPhone

iPhone sudah memberikan storage dengan jumlah yang cukup besar, 16GB, bahkan sampai 64GB. Namun storage sebesar itu terkadang masih belum cukup dan storage iPhone atau iPad ternyata sudah kehabisan tempat. Sebelum menghapus data-data penting seperti dokumen, musik, film, atau foto, ada baiknya cek terlebih dahulu tips berikut jika iPhone atau iPad kehabisan storage :

Cek Aplikasi Apa yang Paling Banyak Menghabiskan Memori?
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melihat apa yang menghabiskan memori storage iPhone atau iPad milik agan, caranya cukup mudah, Buka iPhone atau Ipad dan pilih opsi Setting > General > Storafe & iCloud Storage > Manage Storage
Baca juga : Mengapa Apple mengeluarkan iPhone SE dengan layar 4 inchi

Pantau Semua Aplikasi yang Menghabiskan Storage Paling Banyak
Di Manage Storage, klik pada setiap aplikasi, akan ada informasi tentang jumlah storage yang digunakan oleh setiap aplikasi tersebut, dari ukuran aplikasi itu sendiri, ukuran data dan dokumen, sampai ukuran cache yang digunakan. Cache inilah yang akan kita hapus untuk mendapatkan storage tambahan untuk iPhone atau iPad kita. Cache akan terus bertambah seiring semakin seringnya aplikasi tersebut digunakan, coba lihat aplikasi yang sering agan gunakan di iPhone atau iPad agan, jumlah cachenya pasti besar.

tips melegakan storage iPhone

Hapus Aplikasi yang Jarang diGunakan
Menghapus aplikasi merupakan langkah yang paling mudah untuk melegakan storage iPhone atau iPad, namun aplikasi apa yang seharusnya dihapus? Coba lihat aplikasi dari yang paling jarang digunakan, dan hapus aplikasi tersebut. Tips tambahan, gunakan aplikasi stock dari pabrik semaksimal mungkin, Mail, Safari, dan Message merupakan aplikasi yang paling sering diabaikan oleh pengguna iPhone atau iPad, padahal jika digunakan dengan maksimal, aplikasi tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan user.

Upload Foto dan Dokumen ke Cloud Storage
Kebanyakan foto atau dokumen yang kita simpan di storage internal iPhone atau Ipad kita tidak digunakan begitu sering, upload foto dan dokumen lama agan ke cloud storage semacam dropbox, google drive, atau flickr. Dengan menguploadnya disana agan akan mendapatkan storage yang lebih lega, dan foto akan selamanya aman di cloud storage, sampai kita memutuskan untuk menghapusnya.

Gunakan Memori Eksternal
Menggunakan memori eksternal merupakan pilihan, banyak yang menganggap bahwa dengan menambah memori eksternal akan memperlambat kinerja iPhone. Pilih eksternal storage yang tidak terlalu besar, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan menyimpan file agan. File yang cocok ditaruh di eksternal storage adalah file yang jarang digunakan seperti dokumen atau foto lama.
Baca juga : Mengapa jam selalu menunjukkan angka 9:41 di semua iklan komersil Apple

Sumber : zdnet.com

0 Response to "iPhone Kehabisan Storage? Cek Dulu Tips Berikut"

Posting Komentar