Meningkatkan Kualitas Foto di Android : Tips dan Aplikasi Edit Foto Android

fotografi android

Smartphone saat ini sudah dilengkapi oleh kamera dengan spesifikasi tinggi untuk mengambil foto. Kualitas dari foto tersebut sudah bisa mengungguli kualitas foto yang diambil oleh kamera manual seperti SLR, android memang lebih unggul karena sesuai mengambil foto, android bisa langsung memproses dan mengedit foto tersebut dengan menggunakan aplikasi edit foto yang dapat diunduh dengan mudah di aplikasi playstore.

Namun dengan keunggulan android itu, pengguna seakan kurang puas dengan hasil foto dan mencoba untuk melakukan "permak" dengan berbagai macam aplikasi edit foto sebelum akhirnya mempostingnya di media sosial. Sebenarnya ada banyak cara selain menggunakan aplikasi editing foto untuk meningkatkan kualitas foto di android. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan :
Baca juga : memotret menggunakan kamera smartphone tidak akan sebagus DSLR

Jangan gunakan mode auto terlalu sering
Menggunakan mode auto pada aplikasi kamera android memang mempercepat proses pengambilan foto, namun mode auto tidak selalu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Biasakan menggunakan fitur manual pada aplikasi kamera bawaan, dengan mengatur secara manual fokus, exposure, dan ISO hasil foto yang maksimal lebih mungkin untuk didapatkan.

Set resolusi foto dengan ukuran yang maksimum
Pada setiap aplikasi kamera bawaan android, selalu ada settingan untuk mengatur besar resolusi yang dihasilkan pada setiap foto. Pastikan resolusi yang dipilih adalah resolusi yang paling besar, dengan demikian foto yang dihasilkan oleh aplikasi android akan lebih maksimal. Namun perlu diingat, jika agan memperbesar ukuran resolusi foto pada settingan aplikasi kamera android, maka proses pengambilan foto akan lebih berat, dan ukuran file foto juga akan lebih besar.

Posisikan obyek sesuai dengan sumber cahaya
Menggunakan kamera manual seperti SLRpun, posisi cahaya sangat menentukan bagus-tidaknya foto yang dihasilkan. Demikian juga dengan android, mengambil foto dengan sudut cahaya yang pas akan membuat foto yang dihasilkan lebih maksimal, hal ini juga mengurangi noise yang muncul saat agan mengambil foto dengan menggunakan aplikasi kamera android.

fotografi android

Gunakan tripod jika diperlukan
Pada beberapa momen, alat bantu seperti tripod akan membuat foto yang dihasilkan akan terlihat lebih bagus, hal ini dikarenakan pada beberapa kasus seperti tempat dengan posisi yang sulit untuk mengambil foto, pengguna android masih memaksakan memotret dengan menggunakan tangan kosong sehingga foto yang dihasilkan terlihat blur karena goyangan tangan. Gunakan tripod dan gunakan aplikasi kamera dengan dukungan tilt apabila agan merasa obyek yang difoto memerlukan posisi yang konstan (tidak boleh goyang).

Perhatikan kompisisi foto saat memotret
Hal ini sebenarnya bisa dipelajari dan agan akan terbiasa seiring dengan seringnya agan mengambil foto dengan menggunakan aplikasi kamera android. Perhatikan jarak setiap mengambil obyek foto, berfoto selfie tentunya membutuhkan jarak untuk menentukan komposisi foto yang berbeda dengan ketika kita mengambil obyek foto pemandangan.

Hindari zooming saat mengambil foto
Meskipun aplikasi kamera android dilengkapi dengan fitur zoom, hindari dan gunakan fitur ini saat keadaan memang mendesak. Lensa android tidak seperti kamera manual yang tidak mengurangi kualitas meskipun melakukan zoom, fitur zoom pada aplikasi kamera android sebenarnya adalah melakukan cropping sehingga obyek foto terlihat lebih besar namun dengan konsekuensi kualitas foto yang dihasilkan akan jelek (pecah).

Gunakan aplikasi foto pihak ketiga
Play store banyak menyediakan aplikasi kamera sekaligus aplikasi edit foto dengan fitur bagus. Aplikasi seperti Camera 360 dan FX Camera dapat menjadi solusi dalam menghasilkan foto yang lebih baik. Lebih jauh, aplikasi pihak ketiga biasanya mendapatkan update lebih sering daripada aplikasi kamera bawaan, sehingga fitur-fitur yang disediakan selalu diperbaharui, dan bug yang ada selalu diperbaiki.

Sumber : hongkiat.com, play.google.com

0 Response to "Meningkatkan Kualitas Foto di Android : Tips dan Aplikasi Edit Foto Android"

Posting Komentar