Membuat Sendiri Perintah di Google Voice, Ok Google!

membuat perintah sendiri di ok google

Setelah beriklan di televisi, fitur Google Voice Command atau yang lebih dikenal dengan "Ok, Google!" ini semakin mendapat perhatian publik. Ribuan bahkan jutaan pengguna android di seluruh dunia mengaku bahwa belum pernah atau malahan tidak tahu tentang fitur voice command milik google ini.

Namun pengguna dari negara Indonesia mungkin tidak akan bisa memaksimalkan fitur Ok Google ini, hal ini disebabkan bahwa daftar perintah dalam bahasa Indonesia tidak sebanyak dan selengkap bahasa Inggrisnya. Jika dalam bahasa Inggrisnya, fitur Ok Google ini hampir mencakup semua fungsi yang ada di dalam android, bahkan aplikasi bisa secara otomatis membalas pesan bahkan memesan makanan hanya melalui perintah suara di voice command Google.

Apakah pengguna Indonesia tidak bisa melakukan hal seperti itu?sebenarnya bisa, namun dalam voice command Ok Google versi bahasa Indonesia diperlukan settingan tambahan agar google voice command ini dapat mengerti perintah yang kita berikan, berikut ini adalah cara membuat perintah secara custom di aplikasi Ok Google (Google Voice Command) :

Pertama aplikasi Google Now merupakan aplikasi wajib untuk menggunakan fitur google voice command (Ok Google), jika di android tidak ada aplikasi tersebut, download di aplikasi play store.

Kedua setting dulu aplikasi google voice command ke bahasa Indonesia, jika tidak bisa, silahkan baca artikel : Mengubah bahasa recognition google voice command ke bahasa Indonesia

Ketiga, download aplikasi Commandr for Google Now di playstore, dan install di android.

membuat perintah sendiri di ok google
Sumber : inwepo.com
Keempat, buka aplikasi Commandr for Google Now, dan akan terlihat beberapa perintah yang dapat disetting secara custom menggunakan bahasa penggunanya, aplikasi akan secara otomatis menyimpan perintah tersebut untuk melaksanakan atau menjalankan perintah yang dimaksud.

Perintah yang didukung masih belum selengkap milik google voice command versi Inggrisnya, namun dengan aplikasi ini setidaknya kita bisa melakukan beberapa perintah custom dari bahasa Indonesia. Secara bertahap Google tetap akan mengupdate berbagai perintah yang ada di dalam aplikasi google now untuk semua bahasa yang ada di dunia, terus pantau untuk mendapatkan update terbaru tentang command "Ok Google" disini.
Baca juga : Google Now support bahasa indonesia, dan ini perintahnya

Sumber : www.google.com/landing/now, play.google.com

0 Response to "Membuat Sendiri Perintah di Google Voice, Ok Google!"

Posting Komentar