Cara Print Dari Ponsel Android dan Tablet

Sebuah file dokumen berupa tugas atau data penting lainya bisa disimpan di berbagai tempat seperti ponsel android ataupun flashdisk. Banyak orang yang lebih suka menyimpan file dokumen mereka di flashdisk namun tak jarang juga mereka menyimpanya di dalam ponsel android mereka. Salah satu keuntungan menyimpan file di dalam ponsel android adalah kita bisa melihat atau memeriksa dokumen tersebut menggunakan aplikasi office. Bahkan kita juga bisa melakukan editing untuk mengkoreksi kata yang salah. Namun meski begitu ketika menyimpan file seperti word akan mengalami kesulitan saat ingin mencetak atau melakukan print. 


Jika print tersebut memiliki wifi nirkabel maka kamu bisa dengan mudah melakukan print namun jika belum maka anda harus memindahkanya ke dalam komputer atau PC terlebih dahulu. Namun sebenarnya anda tidak perlu melakukan hal tersebut karena sebenarnya ada cara untuk print dari ponsel android atau Tablet meskipun printer yang digunakan tanpa ada fitur wifi baik merk HP, EPSON, Canon dan lain sebagainya. Caranya yaitu menggunakan bantuan kabel OTG untuk menyambungkan ponsel android ke Print. Beberapa merka ponjsel ternama seperti ASUS, SAMSUNG, XIAOMI, LENOVO sudah memberikan fitur OTG pada beberapa produk ponsl android mereka. 

Selain kabel OTG anda juga harus mempunyai aplikasi pihak ketiga yang mampu untuk melakukan print dari ponsel android. Salah satu aplikasi pihak ketiga tersebut adalah Starprint. Starprint merupakan aplikasi andrpoid untuk melakukan print berbagai file baik word dan foto. Lalu bagaimana cara untuk menggunakanya yuk lihat tutorial dibawah ini :

Cara Print Dari Ponsel Android dan Tablet Menggunakan Starprint


1. Download terlebih dahulu aplikasi yang dibutuhkan yaitu starprint
2. Jika sudah kamu download dan proses instalasi selesai maka langkah selanjutnya yaitu menyambungkan ponsel android anda dengan OTG.
3. Jika sudah tersambung, lalu buka aplikasi starprint tadi.
4. Kemudian cari file dokumen atau gambar yang ingin kamu print. Lalu klik ok.
5. Setelah kamu mengklik Ok maka akan halaman priview atau print priview. Jika ada pengaturan lain yang belum selesai maka atur terlebih dahulu seperti jumlah halaman, ukuran kertas, jumlah print dan lain sebagainya.
6. Jika sudah sesuai keinginan maka tinggal klik print dan tunggu proses pengeprintan hingga selesai.

Selain menggunakan aplikasi tersebut anda bisa mencoba aplikasi lainya yang lebih simple yaitu WPS Office. WPS Office merupakan aplikasi office yang sudah dilengkapi dengan fitur print. Untuk melakukan print anda bisa mengikuti tutorial dibawah ini ;

Cara Print Dari Ponsel Android dan Tablet Menggunakan Starprint




1. Buka file dokumen anda baik PDF atau word lalu pilih buka menggunakan WPS Office. Atau anda juga bisa membuka WPS office terlebih dahulu lalu tinggal pilih dokuken mana yang ingin di print
2. Lalu kemudian klik alat maka akan muncul beberapa pilihan lalu pilih cetak untuk melakukan print. Jangan lupa untuk menyambungkan ponsel android dengan print anda terlebih dahulu
3. Kemudian akan muncul beberapa opsi untuk melakukan pencetakan seperti pemilihan halaman, rentang cetak dan pratinjau print. Nah disitu anda perlu melakukan pengaturan sesuai kebutuhan.
4. Jika pengaturan sudah selesai tinggal klik cetak.
5. Selesai.

Dengan adanya fitur tersebut akan memudahkan anda sehingga anda tidak perlu repot lagi untuk memindahkan data dari ponsel ke PC atau komputer anda. nah sekian informasi singkat kali ini mengenai Bagaimana Cara Print Dari Ponsel Android dan Tablet  semoga bermabfaat

0 Response to "Cara Print Dari Ponsel Android dan Tablet"

Posting Komentar